Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, menggelar Gemilang Book Fair 2024 sebagai upaya meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat di daerah itu.

"Diharapkan dengan adanya inovasi kegiatan seperti ini, yang dicampur dengan berbagai kegiatan-kegiatan seperti pameran buku ini, literasi dan minat membaca masyarakat semakin meningkat," kata Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony usai membuka Gemilang Book Fair di Tangerang, Rabu.

Menurutnya, Gemilang Book Fair merupakan bentuk partisipasi dari Pemkab Tangerang dalam menjalankan amanat dari Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, yang mengamanatkan kepada pemerintah daerah (pemda) untuk mendukung kegiatan literasi atau kegiatan membaca menjadi sebuah budaya di masyarakat.

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dan upaya dari Dinas Perpusip untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, dan bukan merupakan bentuk pameran buku saja, namun ada kolaborasi dengan komunitas-komunitas yang lainnya untuk membuat acara dan kegiatan semenarik mungkin," ujarnya.

Baca juga: Lebaran usai, Pemkab Tangerang data pendatang baru

Ia menandaskan budaya membaca masyarakat di Kabupaten Tangerang masih sekitar 49 persen. Untuk itu inovasi dan terobosan baru untuk meningkatkan budaya membaca perlu terus dilakukan dan dikembangkan dengan menggandeng pihak swasta maupun komunitas kedepannya.

"Hasil survei kegiatan membaca di Kabupaten Tangerang itu baru di angka 49,93 persen dan perlu ditingkatkan di atas 50 persen kedepannya," kata Andi Oni.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Tangerang Nurul Hayati mengungkapkan kegiatan Gemilang Book Fair digelar selama satu bulan penuh mulai 17 April sampai 17 Mei 2024 dengan menggandeng berbagai komunitas di Citra Raya.

"Kegiatan Tangerang Gemilang Book Fair akan dilaksanakan dari 17 April pada hari ini sampai dengan 17 Mei 2024, berarti 1 bulan, dengan menggandeng berbagai komunitas dan Mall Ciputra," jelasnya.

Kegiatan Tangerang Gemilang Book Fair tahun 2024 merupakan pameran buku dan perlombaan-perlombaan yang menggugah minat dan budaya membaca masyarakat.

"Kegiatan ini bukan hanya melakukan book fair saja tetapi untuk memeriahkan kegiatan yang akan dilakukan selama satu bulan ini, ada perlombaan-perlombaan yaitu lomba bertutur SD dan SMP, bercerita SD dan SMP, kemudian juga ada lomba melukis," kata dia.

Baca juga: Untuk umum, BLK Kota Tangerang buka empat kelas pelatihan kerja

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024