Aya Sophia Islamic School (ASIS) Kabupaten Tangerang Banten menggelar wisuda tahfidz serta acara pelepasan siswa Kelas VI dan IX dengan lulusan terbaik yakni sebagai penghafal Al-Quran. 

Dr. Masduki Asbari selaku Ketua Yayasan Aya Sophia Indonesia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Atrium Mal Ciputra Citra Raya Tangerang Sabtu (8/6) mengkolaborasikan suasana penuh kebahagiaan, kebanggaan, juga tangis keharuan.

Paalnya Aya Sophia Islamic School telah meluluskan siswa-siswi untuk melanjutkan hafalan ke juz berikutnya, serta meluluskan siswa kelas VI dan IX untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Untuk Wisuda Tahfidz terdapat empat kategori yaitu Juz 30, 29, 28, dan 2. "Artinya, Aya Sophia Islamic School telah mengantarkan sebagian anak didiknya menjadi hafidz lima juz," kata Dr Masduki

Hal itu membuat momen Wisuda Tahfidz menjadi semakin istimewa. Sebuah perjalanan panjang nan mulia yang diharapkan berbuah surga bagi penghafal, orang tua, juga para guru yang setia mendampingi. 

Baca juga: Pendiri Yayasan Aya Sophia berhasil raih gelar doktor

Satu hal lagi yang menarik perhatian dalam momen bahagian ini adalah keberadaan peserta termuda berusia belum genap 7 tahun di Wisuda Tahfidz kali ini. Meski masih duduk di kelas I SD, ia berhasil menjadi hafidz Juz 30. 

Pada kesempatan ini, sebanyak 62 hafidz dan hafidzah duduk bersimpuh penuh khidmat di hadapan orang tua dan ayah bunda guru. Dengan suara sarat akan ketulusan seorang anak, mereka mempersembahkan lantunan ayat suci Al Quran yang telah dihafalkan sebagai hadiah terindah.

Tiada lagi yang dilakukan oleh orang tua para penghafal Al Quran ini selain mengucap syukur, lalu perlahan mengikis jarak demi memeluk dan mencium putra-putri mereka dalam penuh deraian air mata.

“Wisuda Tahfidz ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami atas kesempatan untuk membersamai perjalanan siswa-siswi ASIS menjadi hafidz Quran,” katanya.

Baca juga: Aya Sophia Islamic School Tangerang jadi sekolah pertama adakan festival P5

Selain bekal akademik, keunggulan, dan adab, Aya Sophia Islamic School juga berupaya untuk semakin memperkuat ilmu agama para siswanya. Hal ini akan segera diwujudkan dengan penambahan program baru yakni Madrasah Diniyah Islamiyah (MDI) yang beroperasi di bawah Kementerian Agama.

Setelah selesai belajar di SDIT dan SMPB, siswa akan melanjutkan kegiatan belajar agama di MDI. Oleh karena itu, setiap siswa Aya Sophia Islamic School ke depannya akan mendapat dua ijazah sekaligus ketika lulus, yaitu Ijazah dari Dinas Pendidikan/Kemendikbud dan Ijazah MDI dari Kemenag.

"Dengan program ini, Aya Sophia Islamic School diharapkan dapat terus meluluskan siswa-siswi sekaligus hafidz yang berhasil dalam prestasi akademik, softskill, beradab mulia, serta mengamalkan ilmu agama sampai akhir hayat," ujarnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara pelepasan siswa kelas 6 SD dan Kelas 9 SMP di sesi kedua. Acara ini turut dihadiri oleh Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dilli Windu Rezeki Sugandhi dan Pengawas SMP Dra. Raden Rara Sri Murni Hartati, M.Pd.

Pada tahun ajaran 2023-2024, sebanyak 29 siswa SDIT Aya Sophia Islamic School dan 28 siswa SMP Bisnis Aya Sophia Islamic School berhasil menyelesaikan pendidikan dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga: Aya Sophia Islamic School tuan rumah lokakarya sekolah penggerak angkatan tiga

Selain menjadi penghafal Al Quran, setiap lulusan Aya Sophia Islamic School memiliki prestasi akademik dan keunggulannya masing-masing seperti menjadi penulis buku, ahli IT, leadership, public speaking, serta menjunjung tinggi adab yang mulia. Untuk jenjang SMP, setiap siswa juga lulus sebagai pemilik bisnis sendiri.

Keunggulan tersebut memang dipersiapkan sejak dini sebagai bekal bagi para siswa ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya. Dari kriteria penilaian itu, SDIT dan SMPB mengantongi masing-masing tiga nama siswa yang menduduki predikat lulusan terbaik.

Untuk jenjang SD, lulusan terbaik 1, 2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Hafshah Nur Fauziyah, Avirzha Khayyirah Anwar, dan Naura Jihan Hafitra Angraeni. Sedangkan untuk jenjang SMP, Lulusan Terbaik 1, 2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Syafira Agustiani, Hardjuno Indracahya, dan Qisthie Sabyila Rasyid.

“Selamat atas kelulusan siswa -siswi SDIT-SMPB Aya Sophia Islamic School. Semoga dapat selalu berprestasi di mana pun mereka berada,” kata Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dilli Windu Rezeki Sugandhi.

Baca juga: Yayasan Aya Sophia Indonesia menggelar Kemah Bela Negara di Tangerang




 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024