Aya Sophia Islamic School di Kabupaten Tangerang terpilih menjadi tuan rumah lokakarya sekolah penggerak angkatan tiga yang diikuti kepala sekolah penggerak angkatan tiga jenjang TK, SD, SMA, dan SKH dari Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan dan Kota Serang.

Andri Wahman selaku penanggung jawab kegiatan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Banten dalam keterangannya di Tangerang Senin mengatakan pendanaan lokakarya sepenuhnya berasal dari anggaran Balai Guru Penggerak Provinsi Banten tahun 2023. 

Lokakarya merupakan salah satu rangkaian agenda program sekolah penggerak. Tak hanya kepala sekolah, kegiatan ini juga dihadiri para guru komite pembelajaran serta pengawas pembina.

Lokakarya angkat tiga membahas tentang disiplin positif. Setiap peserta didampingi oleh para fasilitator dan mendiskusikan sesuai jenjang. 

Baca juga: PGRI: 90 persen sekolah di Tangerang sudah jadi sekolah penggerak

Ia menambahkan, diksi “Merdeka” dalam Kurikulum Merdeka mempersyaratkan lahirnya mentalitas disiplin positif bagi seluruh warga belajar. Karena insan merdeka mewajibkan dirinya untuk disiplin sejak dari pikiran hingga tindakan.

"Sebagaimana telah disampaikan oleh KH Dewantara bahwa jiwa merdeka tidak saja lepas dari perintah penjajah, tapi juga memiliki kecakapan memerintah dirinya sendiri secara positif," katanya.

Wakhida Nurhayati mewakili manajemen Aya Sophia Islamic School berharap kegiatan lokakarya dapat menjadi simulasi kelas belajar yang menyenangkan dan bermakna sehingga dapat diduplikasi di sekolah masing-masing. 

Jika kelas belajar didesain penuh inspirasi, setiap anak didik akan tumbuh sebagai individu yang suka belajar dan gandrung dengan ilmu pengetahuan. "Hal ini  akan berdampak positif bagi masa depan bangsa," katanya.

TK Aya Sophia-2 sebagai salah satu sekolah penggerak angkatan 3 di bawah naungan Yayasan Aya Sophia Indonesia senantiasa berkomitmen membangun budaya positif berbasis disiplin positif.  

"Hal ini dibuktikan dengan menjadi inisiator di Kabupaten Tangerang untuk mengenalkan program Pramuka Pra Siaga serta mengkondisikan lingkungan sekolah agar aman, nyaman, dan menyenangkan dengan tagline Belajar Senang, Senang Belajar," kata Wakhida

Baca juga: Disdik Kota Tangerang gencarkan sekolah penggerak

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023