Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar tegaskan TNI mempunyai peranan penting dalam menjaga wilayah dan stabilitas daerah menjadi modal sosial (social capital) dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 
 
"Sebagai masyarakat Banten tentu kita merasakan bagaimana saat ini kondisi stabilitas dan keamanan daerah terjaga dengan baik," kata Al usai kegiatan HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi dan HUT ke-58 Korem 064/Maulana Yusuf di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang, Selasa. 
 
Sehingga berbagai program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan bisa berjalan dengan baik. Termasuk investasi yang saat ini terus mengalami peningkatan, dan faktor stabilitas daerah sangat menentukan hal itu. 
 
"Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas segala hal yang telah didedikasikan oleh TNI kepada masyarakat dan juga pemerintah daerah. Peran lembaga TNI ini sangat mendasar," katanya. 

Baca juga: Gubernur sebut inflasi di Banten terkendali
 
Sementara itu, Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI, Fierman Sjafirial Agustus, mengungkapkan visi Korem ke depan salah satunya dalam melaksanakan pembinaan teritorial melalui empat Kodim yakni Cilegon, Serang, Pandeglang dan Lebak. 
 
Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir ini, ada suatu gerakan kecil yang harus disatukan dalam rangka memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat yakni persoalan sampah. 
 
“Kita sedang menggerakkan bagaimana pengelolaan sampah ini bisa berkesinambungan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, oleh karena itu salah satu yang tengah fokus dilakukan adalah dengan mengelola sampah melalui maggot,” ucapnya. 
 
Dengan pengelolaan itu, selain dapat menyelesaikan persoalan sampah rumah tangga, juga bisa sebagai pendapatan baru, karena ada nilai ekonomis yang bisa didapatkan. 
 
"Ini akan membawa lebih bermanfaat pada masyarakat Banten," katanya.

Baca juga: TNI siap kawal gerakan percepatan tanam padi di Lebak

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024