Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meminta calon haji (calhaj) dapat memperhatikan kesehatan selama di Tanah Suci sehubungan iklim di Arab Saudi memasuki musim panas.
 
"Kami berharap semua calon jamaah haji di daerah itu tetap dalam kondisi sehat," kata Kepala Pelaksana Harian (Plh) Dinkes Lebak Budi Mulyanto saat dikonfirmasi di Rangkasbitung, Lebak, Jumat.
 
Ia mengatakan para calon jamaah haji Kabupaten Lebak berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan kondisinya cukup baik, sehingga dapat menjalani tahapan-tahapan pelaksanaan ibadah haji.

Baca juga: Kemenag Lebak berangkatkan calhaj 2023 sebanyak 849 jamaah
 
Selama ini pelaksanaan ibadah haji cukup menguras banyak tenaga, kata dia, sehingga diperlukan kondisi sehat, terlebih cuaca di Arab Saudi memasuki musim panas.
 
Suhu di Madinah dan Makkah, Arab Saudi, sekitar 40 - 45 derajat Celsius, sehingga calon jamaah haji agar memperhatikan kesehatan.
 
Ia mengingatkan agar calon haji Kabupaten Lebak bila keluar hotel atau tempat penginapan selalu membawa payung untuk menghindari heat stroke dan sengatan panas. Kemudian jika berada di luar rangkaian ibadah haji, terutama di luar ruangan, untuk menghindari cuaca panas selama di Tanah Suci.
 
Selanjutnya, kata dia, calon jamaah haji agar banyak minum sehingga tercukupi asupan air dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi, serta selalu cuci tangan dengan sabun/desinfektan sebelum dan sesudah kegiatan.

Baca juga: Pemkab minta calon haji Lebak jalin kebersamaan selama di Tanah Suci.
 
Untuk pasien dengan penyakit tertentu, lanjutnya, diimbau selalu membawa obat-obatan yang diberikan dokter serta memilih makanan yang sehat dan selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa.  
 
Ia juga mengingatkan agar calon haji segera menghubungi tenaga kesehatan jika ada keluhan kesehatan. "Kami meyakini jika calon jamaah haji memperhatikan kesehatan bisa menjalani ibadah dengan baik dan terhindari dari serangan penyakit," ucapnya. 
 
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemkab Lebak Iyan Fitriyana mengatakan jumlah calon haji di daerah ini tercatat 692 orang dengan pemberangkatan empat kali kelompok terbang (Kloter) yakni Kloter 29 pada tanggal 24 Mei 2024 sebanyak 440 orang dan kedua Kloter 34 tanggal 26 Mei 2024 sebanyak 233 orang.
 
Namun, kemungkinan ada tambahan Kloter 53 tanggal 3 Juni 12 orang dan Kloter 64 tanggal 7 Juni 2024 sebanyak 7 orang.

Baca juga: Pemkab Lebak ajak warga hindari pemborosan bahan pangan
 
"Kami berharap pelaksanaan ibadah haji 2024 sukses dan berjalan lancar dengan sehat serta bisa kembali ke Tanah Air selamat dan menjadi haji mabrur," kata Iyan.
 
Sementara itu, Tito, calon jamaah haji warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan dirinya secara fisik dan kesehatan siap diberangkatkan ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam kelima.
 
Bahkan, dirinya bersama isteri selalu olahraga pagi dan konsultasi ke dokter untuk menjaga kesehatan selama di Tanah Suci.
 
"Kami berharap bisa menjalani tahapan - tahapan ibadah haji dengan baik dan benar dan pulang ke tanah air selamat dan menjadi haji mabrur," katanya.


Baca juga: Pemkab Lebak berdayakan UMKM guna tingkatkan ekonomi masyarakat

Pewarta: Mansyur suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024