Penjabat (P) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan angka stunting pada triwulan pertama menjabat yaitu per bulan Februari 2024 menurun menjadi 6,7 persen jika dibandingkan Desember 2023 mencapai 6,8 persen.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menurunkan angka stunting di antaranya melakukan Gerakan Anak Tangerang Sehat dan Cerdas, mengintegrasikan dengan program pendampingan bagi calon pengantin untuk memberikan edukasi dan pemahaman.

"Pemkot Tangerang juga menjalankan program peningkatan kesehatan masyarakat, juga memiliki kader Srikandi yaitu kader Sedari Dini Kawal Ibu Hamil dan Bayi," kata Nurdin dalam keterangannya di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Tekan stunting, PKK Kota Tangerang optimalkan kunjungan wilayah

Ia juga mengatakan capaian kinerja setelah tiga bulan menjabat sebagai kepala daerah yang terkait inflasi Year of Year di Kota Tangerang per Maret 20234 berada di angka 3.62 persen, menurun dari tahun sebelumnya yaitu 3,75 persen.

Untuk menjaga kondisi inflasi tetap terkendali di Kota Tangerang, Pemkot Tangerang terus melakukan berbagai upaya dengan strategi 4K+1 yakni ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, komunikasi yang efektif, meningkatkan daya beli masyarakat.

Salah satunya untuk ketersediaan pasokan, Pemkot kerja sama antarpedagang pasar dengan Bulog, melakukan gerakan menanam, urban farming, kerja sama pangan BUMD dengan penghasil pangan.

"Kami juga meningkatkan warung tradisional menjadi warung digital, meluncurkan mobil keliling si Jampang (Belanja Gampang), Gerakan Pangan Murah (GPM), bazar serentak di 13 kecamatan, subsidi angkutan perkotaan dengan tarif Rp2000 (jauh-dekat), bedah rumah, Program Tangerang Emas, dan lain sebagainya," katanya.

Lalu di Kota Tangerang juga memiliki tiga BUMD, yaitu Perumda Pasar Kota Tangerang, Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, PT Tangerang Nusantara Global (TNG) dan ketiganya dengan kondisi sehat.

Baca juga: Bantu atasi stunting, Pemkot apresiasi perusahaan berikan telur tiga bulan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024