Kepolisian Resor Lebak mengapresiasi arus kendaraan pada H+4 atau Minggu seperti di lintasan Rangkasbitung - Warunggunung - Pandeglang berjalan lancar dan tidak terjadi kemacetan.
 
"Kebanyakan arus kendaraan itu dari obyek wisata pesisir pantai di antaranya kawasan Pantai Carita,"kata Kepala Unit Penegakan Hukum ( Kanit Gakum) Satlantas Polres Lebak Ipda Adi Nugraha saat mengatur lalu lintas di perempatan Warunggunung, Lebak, Minggu.
 
Arus kendaraan lintasan Rangkasbitung - Warunggunung - Pandeglang dinilai landai dan tidak perlu diterapkan sistem satu arah (one way).
 
Para pengendara itu bukan arus balik, tetapi mereka sudah menikmati liburan Lebaran di Pantai Carita dan di wilayah lainnya di Banten Selatan.

Baca juga: Warga Lebak diminta waspadai hujan lebat disertai angin kencang
 
Saat ini, kata dia, kondisi jalan lintasan Kabupaten Lebak menuju obyek wisata lancar dan tidak menimbulkan kemacetan dan antrean panjang kendaraan.
 
"Kami bekerja maksimal untuk mengatur lalu lintas di perempatan Warunggunung, karena terdapat arah menuju Rangkasbitung, Kabupaten Serang dan Pandeglang," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, puncak arus balik untuk lintasan Warunggunung - Pandeglang - Serang akan terjadi pada H+4 atau Minggu (14/4).
 
Para pemilir menuju berbagai daerah di wilayah Tangerang, Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Barat.

Baca juga: Enam warga Lebak meninggal akibat DBD
 
Oleh karena itu, pihaknya berharap puncak arus balik yang melintasi jalan di Kabupaten Lebak juga berjalan lancar.
 
"Kami berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat agar perjalanan lancar,aman, nyaman dan selamat sampai tujuan,"katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan,sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa selama arus mudik dan arus balik Lebaran akibat kecelakaan lalu lintas.
 
Kecelakaan kendaraan lalu lintas tersebut relatif kecil , karena banyak petugas disebar di lokasi - lokasi rawan kecelakaan, kejahatan dan kemacetan.
 
Mereka pemudik arus mudik dan arus balik bisa kembali ke kampung halamannya dengan selamat sampai tujuan.
 
"Kami minta pengemudi kendaraan jika lelah maupun mengantuk sebaiknya istirahat di posko pengamanan,"kata Ipda Adi.
 
Sementara itu, sejumlah pengemudi kendaraan roda empat mengatakan pihaknya merasa senang ketika melintasi ruas jalan menuju Kabupaten Lebak lintasan Pandeglang - Warunggunung - Rangkasbitung berjalan lancar, meski terjadi peningkatan kendaraan.
 
"Kami tentunya mengapresiasi petugas kepolisian Lebak dengan bekerja keras sehingga arus lalu lintas berjalan lancar," kata Ahmad (45) warga Citeras Kabupaten Lebak setelah liburan lebaran di Kawasan Pantai Carita, Pandeglang.

Baca juga: 15 warga Lebak terjatuh dari jembatan gantung, 10 luka-luka

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024