Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar gerakan pangan murah untuk menstabilkan harga dan menjaga pasokan pangan menjelang Lebaran 2024 serta membantu daya beli masyarakat.
 
Kepala DKPP Kabupaten Serang, Suhardjo, di Serang, Banten, Senin, mengatakan kegiatan gerakan pangan murah (GPM) ini berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Kragilan.
 
"Ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan ketersediaan pangan yang cukup dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat," katanya.
 
Selain itu, fokus utama GPM untuk mengendalikan harga pangan agar tetap terjangkau serta mencegah lonjakan harga yang dapat memberatkan konsumen dan mengurangi daya beli masyarakat. 
 
"GPM di bulan Ramadhan ini diharapkan memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat dan pemerintah daerah," katanya menambahkan.

Baca juga: Gubernur Banten pastikan stok pangan mencukupi jelang Idul Fitri 1445 H
 
Sebagaimana diketahui kebutuhan pangan saat ini meningkat terutama menjelang hari raya Idul Fitri dan hal ini juga otomatis berpengaruh terhadap ketersediaan stok pangan di daerah yang sedikit yang akan mengalami gejolak harga. 
 
“Diharapkan, GPM mengurangi pengeluaran masyarakat yang kurang mampu, sekaligus mengurangi gejolak harga, yang berarti akan mengurangi inflasi di masyarakat," katanya. 
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKPP Kabupaten Serang, Mumun Munawwaroh mengatakan, GPM dilaksanakan atas kerja sama antara Pemkab Serang, Badan Pangan Nasional, BUMN diantaranya Bulog Sub Divre Serang, Rajawali Nusindo (RNI), PT Wilmar Padi Indonesia, Bank bjb Banten, PT. Charoen Pokphand dan KTNA Kabupaten Serang. 
 
”GPM dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia di berbagai provinsi maupun kabupaten dan kota. Acara dimulai dengan zoom bersama badan pangan nasional dan seluruh kabupaten kota penyelenggara GPM dan dilanjutkan dengan pembukaan GPM di masing-masing lokasi,” katanya. 
 
Pada GPM tersebut, DKPP Kabupaten Serang menjual berbagai bahan pokok kebutuhan sehari-hari, mulai dari beras, daging, daging ayam, telur, sayur-sayuran dan lainnya.

Baca juga: DKP Kota Tangerang sebut ada enam lokasi gerakan pangan murah bulan ini

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024