Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memberikan sertifikasi keamanan pangan gratis bagi Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (PIRT-P) dengan cara mendaftar melalui aplikasi Sertifikasi Keamanan Pangan (SiKasep).

Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Kamis, mengatakan sertifikasi diberikan untuk kursus higiene sanitasi makanan bagi pelatihan pangan siap saji bagi penjamah pangan.

Selain itu juga  pelatihan keamanan pangan siap saji bagi pemilik tempat pengolahan pangan dan pelatihan penyuluh keamanan pangan bagi Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (PIRTP).

"Sertifikasi tersebut penting sebagai upaya keamanan dan higienitas sanitasi makanan yang akan dikonsumsi, sehingga keamanan dan kebersihan makanan dapat terjaga," katanya.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang imbau tingkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem

Ia menambahkan pemberian sertifikasi ini gratis untuk masyarakat Kota Tangerang atau orang yang memiliki usaha di Kota Tangerang dengan dibuktikan NIB yang dikeluarkan oleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA).

Seluruh proses pendaftaran dan jadwal pelatihan untuk sertifikasi akan diinformasikan melalui aplikasi SiKasep dan nomor WhatsApp (WA) yang sudah didaftarkan saat melakukan pendaftaran. Pelatihan akan dilaksanakan jika kuota sudah mencapai 50 orang.

"Saat masuk ke aplikasi SiKasep, lakukan registrasi dan lengkapi data-data yang dibutuhkan. Lalu masyarakat dapat memantau proses pendaftaran hingga berkas terverifikasi oleh kami. Jika sudah terverifikasi, nanti akan dihubungi kapan sertifikasi dapat dilakukan," katanya. 

Aplikasi SiKasep dapat diakses melalui laman sikasep.tangerangkota.go.id. Untuk masuk ke aplikasi SiKasep, pemohon harus menggunakan akun yang terdaftar di aplikasi Tangerang LIVE. Aplikasi Tangerang LIVE sudah dapat diunduh di Playstore maupun AppStore.

Baca juga: Atasi pengangguran, Pemkot Tangerang tingkatkan sertifikasi keahlian

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024