Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mulai 1 Februari.

"Untuk logistik dalam kotak suara, kita akan targetkan pendistribusiannya pada awal Februari," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar di Tangerang, Jumat.

Dia mengungkapkan, sebelum dilakukan pendistribusian logistik surat suara pemilu, pihaknya akan mulai menyusun rencana pengiriman sambil menuntaskan proses sortir dan pengemasan yang sudah memasuki tahap akhir.

Menurutnya, pada tahapan pendistribusian logistik saat ini ada perlakuan khusus, agar dapat berjalan aman dan lancar. Terlebih situasi cuaca sekarang telah memasuki musim hujan, sehingga prinsip kehati-hatian diterapkan untuk memastikan keamanan logistik yang akan disalurkan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan semua stakeholders. Sebagai memastikan keamanan pada surat suara itu," katanya.

Baca juga: KPU Tangerang rampungkan pelipatan surat suara Pemilu 2024

Pada tahapan kedua pendistribusian logistik pemilihan umum serentak ini, akan dilakukan secara bertahap terutama ke beberapa kecamatan terluar yang ada di daerah itu.

Adapun wilayah terluar tersebut, seperti ke Kecamatan Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan Timur, Kosambi, Mauk, Kronjo, Rajeg dan Sukadiri. Karena, kondisi topografi di beberapa kecamatan tersebut dinilai cukup jauh dari dijangkau dalam pendistribusian logistik pemilu.

"Jadi tahap pengiriman kita dahulukan di dapil tiga, seperti Teluknaga, Kosambi, Sepatan," ujarnya.

Selama proses pendistribusian surat suara, KPU Kabupaten Tangerang melibatkan unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah (pemda), untuk membantu melakukan jalannya pengamanan.

Selain itu, dikatakan Umar, KPU juga telah mengidentifikasi dan melakukan pemetaan terhadap TPS yang masuk dalam kategori rawan bencana khususnya saat musim hujan.

Baca juga: KPU Kota Tangerang lantik 36.225 anggota KPPS
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024