Penyortiran 12 juta surat suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten, menargetkan proses penyortiran dan pelipatan terhadap 12 juta surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD RI serta DPRD selesai pada 22 Januari 2024.

"Untuk target penyelesaian proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Minggu ketiga bulan Januari, karena untuk pendistribusiannya kita secara bertahap," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar di Tangerang, Senin.

Ia menerangkan, dari jumlah total 12 juta surat suara untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Tangerang itu terdiri atas empat jenis suara, diantaranya yaitu surat suara Pilpres, DPR, DPD RI, serta DPRD.

Baca juga: KPU Banten sebut dana kampanye PKS paling besar

Dari jumlah tersebut, nantinya akan di sebar ke masing-masing daerah pemilih (dapil) yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Yang pertama nanti kita akan didistribusikan logistik yang ada di luar kotak suara. Mulai besok kita juga akan mulai dorong ke PPK," katanya.

Sejauh ini, dari proses penyortiran dan pelipatan surat suara, sudah semua dilakukan tahapan pelipatan untuk segera didistribusikan ke masing-masing dapil.

Baca juga: KPU Kota Tangerang pastikan sediakan TPS ramah bagi 4.478 disabilitas

Hanya saja, lanjutnya, saat ini tinggal satu tahapan lagi surat suara DPD RI yang belum selesai dilakukan pelipatan.

"Sekarang tinggal satu tahapan lagi, yaitu surat suara DPD RI," ujarnya.

Selama kegiatan sortir dan lipat surat suara, pihak KPU Kabupaten Tangerang sudah berkoordinasi dengan pihak terkait setempat untuk memperketat keamanan dan pengawasan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sejak datangnya logistik Pemilu kita sudah koordinasi dengan bawaslu, Polri/TNI. Agar nanti ketika penerimaan itu langsung dilakukan diawasi hingga pada proses pelipatan dan penyortiran," kata dia.

Baca juga: Lipat 6,9 juta surat suara, KPU Kota Tangerang libatkan ratusan orang
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024