Petani Kabupaten Lebak, Banten mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah pusat guna meningkatkan produksi pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat di daerah itu.
 
Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Deni Iskandar di Lebak, Jumat, mengatakan bantuan benih itu guna meningkatkan produksi pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat, terlebih tahun 2023 dilanda kemarau panjang yang mengakibatkan sejumlah petani mengalami gagal panen.
 
Penyaluran bantuan itu dari pemerintah pusat yang dialokasikan untuk benih padi nutrizinc 6.427 hektare, padi inbrida 13.372 hektare dan padi lahan kering 2.300 hektare.
 
"Kami berharap bantuan benih itu dapat mendongkrak produksi pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat setempat," katanya menjelaskan.

Baca juga: Persediaan pupuk subsidi di Lebak relatif aman dan cukup
 
Menurut dia, pemerintah pusat berkomitmen untuk menyalurkan berbagai bantuan untuk peningkatan produksi pangan khususnya padi sawah.
 
Selama ini, pertanian pangan di Kabupaten Lebak menjadi andalan ekonomi masyarakat mulai petani, buruh tani, buruh panggul, penampung hingga pedagang beras.
 
Oleh karena itu, adanya bantuan benih padi tersebut dipastikan mereka petani dapat melakukan gerakan tanam pada Januari - Februari 2024.
 
"Kita menargetkan angka tanam Januari - Februari sekitar 15 ribu hektare, karena tibanya musim penghujan," kata Deni.

Baca juga: Pemkab Lebak ajak warga patuhi prokes cegah COVID-19 varian baru
 
Deni juga melakukan penanaman benih varietas Inpari IR Nutri Zinc seluas 6.000 hektare lebih untuk mengatasi prevalensi stunting yang menimpa anak-anak balita.
 
Penanaman benih varietas Infari Nutri Zinc didukung Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) Kementerian Pertanian dan memiliki kandungan gizi cukup tinggi sehingga dapat menurunkan kasus kekurangan gizi maupun ibu hamil mengalami kekurangan energi kronis (KEK) yang berpotensi melahirkan anak stunting.
 
"Kami minta petani agar mengembangkan tanaman benih Nutri Zinc karena produksi berasnya ditampung pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Pemkab Lebak minta dana desa dapat dimanfaatkan atasi stunting

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024