Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengajak masyarakat di daerah itu untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker medis, menjaga jarak, serta mencuci tangan, guna mencegah penularan kasus COVID varian baru.
 
"Kita minta warga disiplin dan mematuhi prokes guna mencegah COVID varian baru," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Lebak Firman Rahmatullah di Lebak, Kamis.
 
Pihaknya hingga kini belum menemukan kasus COVID varian baru di Kabupaten Lebak baik di puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.

Baca juga: Dinkes Tangerang pastikan layanan vaksinasi COVID-19 di RSUD hingga puskesmas
 
Masyarakat harus waspada dan menjaga kesehatan dengan menerapkan prokes dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
 
Sebab, kasus COVID varian baru di tanah air terjadi peningkatan, di antaranya di Jakarta dan Kota Tangerang.
 
"Kami mengajak masyarakat mematuhi prokes, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, serta PHBS," kata dokter Firman.

Baca juga: Cegah COVID-19, Pemkab Tangerang minta warga lengkapi vaksinasi
 
Ia mengatakan jika kasus COVID varian baru terdapat di Kabupaten Lebak maka dimaksimalkan 3T yakni testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (pengobatan).
 
Pengoptimalan 3T itu guna memutus mata rantai penularan COVID.
 
Apabila, hasil 3T itu ditemukan kasus positif COVID varian baru, maka dilakukan isolasi mandiri hingga rujukan ke rumah sakit.
 
Namun demikian, pihaknya mengimbau masyarakat agar melengkapi vaksinasi untuk meningkatkan kembali antibodi dalam tubuh di fasilitas kesehatan, seperti puskesmas, rumah sakit, dan klinik.
 
"Kami berharap warga berdisiplin untuk mematuhi prokes saat berada di tempat umum yang berisiko dan bila mengalami gejala demam, batuk, pilek dan sesak nafas segera dilakukan pemeriksaan kesehatan," katanya.
 
Baca juga: 70 persen pasien datang ke Puskesmas keluhkan flu dan batuk

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024