Pemerintah Kabupaten Serang berupaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja karena tingkat pengangguran terbuka di wilayahnya menurut data terkini Badan Pusat Statistik mencapai 9,94 persen, paling tinggi di Provinsi Banten.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Serang, Kamis, menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten antara lain mengupayakan peningkatan penyerapan tenaga kerja di sektor yang potensial seperti perikanan.

"Upaya kita itu membuka lapangan pekerjaan, karena tadi perikanan mempunyai potensi dari geografis, tinggal kita maksimalkan," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah juga menyelaraskan program pendidikan kejuruan dengan kebutuhan sektor industri di Kabupaten Serang.

"Kita juga berusaha terus dengan segala upaya, seperti Dinas Tenaga Kerja dengan membuat program yang link and match antara SMK dengan industri," katanya.

Baca juga: Perbaiki tata kelola kearsipan Pemkab Serang kenalkan aplikasi Srikandi

Tatu menyampaikan bahwa menurut keterangan dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Serang tinggi antara lain karena sebagai daerah industri Kabupaten Serang menjadi tujuan para pencari kerja dari daerah lain. 

Para pencari kerja dari daerah lain yang tinggal di Kabupaten Serang selama sekitar enam bulan dan belum mendapatkan pekerjaan, dia mengatakan, akan didata sebagai penganggur di Kabupaten Serang.

"Ketika pencaker (pencari kerja) dari luar Kabupaten Serang masuk, dia bisa bertahan di sini lebih dari enam bulan dan belum mendapatkan pekerjaan, itu masuk ke kategori pengangguran di Kabupaten Serang, jadi bukan berdasarkan KTP, itu rumusnya BPS," ia menjelaskan.

Baca juga: Inspektorat Kota Serang gelar sosialisasi anti korupsi DPRD-OPD

Tatu mengaku sempat heran karena fenomena yang terjadi di Kabupaten Serang itu tidak dialami oleh daerah industri lain seperti Kabupaten Tangerang dan Cilegon.

Namun, ia mengatakan, setelah dicari tahu ternyata biaya hidup di Kabupaten Serang cenderung lebih rendah dibandingkan daerah industri lain sehingga menjadi pilihan lebih banyak pencari kerja untuk tinggal.

"Sehingga untuk bertahan lama di Kabupaten Serang sangat memungkinkan. Dan para pencari kerja yang belum punya pekerjaan, dia menetap di sini atau bertahan, lalu saat di-sensus masuk pengangguran," katanya.

Baca juga: Atlet peraih medali Porprov dapat bonus dari Bupati Serang
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023