Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Kalimantan Timur tertarik untuk menduplikasikan sejumlah aplikasi milik Pemerintah Kota Tangerang, Banten, di antaranya aplikasi Laksa, yakni kanal untuk laporan warga.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskominfo Kota Samarinda, Euis Eka April Yani di Tangerang, Kamis mengatakan, Kota Tangerang sangat komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan digitalisasi lewat media informasi.

Oleh karena itu, pihaknya berkunjung ke Kota Tangerang sebagai langkah meningkatkan kinerja dengan mempelajari inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh Diskominfo Kota Tangerang.

"Karena Kota Tangerang telah berhasil memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat," kata Euis di ruang Rapat Tangerang Live Room, Puspem Kota Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang luncurkan aplikasi daftar bansos perguruan tinggi

Ia menambahkan, Kota Tangerang sudah sangat bagus dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, melalui berbagai hal seperti media sosial, aplikasi pelayanan yang sudah terintegrasi, sehingga ingin belajar mengenai bagaimana sangat responsive terhadap pengaduan masyarakat yang cukup banyak.

Ia pun mengaku Sekaligus belajar hal baru tentang adanya media informasi seperti pengelolaan TV pemerintah dalam menyampaikan informasi dan program pemerintah yang sudah berjalan sangat baik.

"Karena di Kota Samarinda sendiri masih belum maksimal dalam pelayanan penerimaan pengaduan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: PKK Tangsel tertarik duplikasi aplikasi eDasawisma Kota Tangerang

Usai dari kunjungan kerja, pihaknya akan mengamati, tiru dan modifikasi untuk dapat direplikasikan di Kota Samarinda.

"Kami juga akan sampaikan kepada pimpinan daerah terkait melakukan kerja sama atau MOU dalam replikasi aplikasi Lapor Laksa dan yang lainnya bersama Pemkot Tangerang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang DIKP Diskominfo Kota Tangerang, Ian Chavidz Rizqiullah, mengungkapkan, pada pertemuan dengan Diskominfo Kota Samarinda memaparkan program-program apa saja yang telah berjalan di Kota Tangerang, di antaranya aplikasi Lapor Laksa, Tangerang Live, serta e-Gov.

“Kami sangat senang dapat bertukar informasi tentang inovasi yang telah berjalan di Kota Tangerang, tentunya dalam hal ini media publikasi yang dikelola Pemkot Tangerang serta beberapa aplikasi yang menjadi unggulan. Sesuai arahan Wali Kota Tangerang, kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukan studi tiru atau kerjasama dari Kota/Kabupaten manapun,” kata Ian.

Baca juga: Perumda Tirta Al Bantani Serang sediakan pelayanan berbasis aplikasi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023