Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang akan mengangkut dan bersihkan tumpukan sampah yang dikeluhkan masyarakat di aliran Sungai Cibanten yang berada di RT 05 RW 10 Lingkungan Kidemang, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten.
 
Kepala DLH Kota Serang, Farach Rifchi, di Serang, Banten, Senin, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Camat untuk melakukan pengangkutan sampah di aliran sungai Cibanten.
 
"InshaAllah minggu depan beres, rencana kita akan mengambil tindakan untuk mengangkut sampah-sampah tersebut," katanya.

Baca juga: Warga Serang keluhkan bau tak sedap tumpukan sampah di Sungai Cibanten
 
Farach juga mengaku, sudah melakukan pemetaan dan melakukan koordinasikan dengan DPUPR serta camat untuk penanganan sampah tersebut.
 
Meski begitu, Farach mengatakan bahwa sebetulnya penanganan dan pengelolaan Sungai Cibanten seharusnya menjadi tanggungjawab Balai Besar Waduk Sungai Cidurian, Ciujung, Cibanten (BBWSC3).
 
"Sebetulnya itu kewenangan BBWSC3. Kita juga beberapa bulan lalu pernah berkirim surat terkait normalisasi sungai tersebut, tapi hingga saat ini tidak ada respons," katanya.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, tumpukan sampah tersebut tepat berada di bawah jembatan Lingkungan Kidemang, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten.
 
Dan didominasi oleh sampah rumah tangga diantaranya sampah plastik, botol minuman, jerigen, ranting pohon, yang sulit terurai.

Baca juga: DPUPR Banten turunkan 100 personel bersihkan sampah di Pasauran Anyer

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023