Di sektor olahraga, Kota Cilegon Banten identik dengan sepak bola dan saat ini mulai berusaha melebarkan sayap dengan melirik sejumlah cabang olahraga untuk dikembangkan yang salah satunya balap sepeda gunung.

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta di Cilegon, Senin mengatakan, apa yang diharapkan bukan tanpa alasan mengingat wilayahnya juga memiliki infrastruktur yang dinilai layak untuk menggelar sebuah kejuaraan.

“Kami punya perbukitan dari Watulawang hingga dekat dermaga eksekutif Merak. Saya kira sangat cocok, tinggal bagaimana nanti sistemnya,” katanya.

Balap sepeda gunung selama ini banyak digandrungi masyarakat karena banyak kategori yang bisa dilombakan mulai MTB, enduro, downhill maupun khusus untuk para penghobi olahraga kayuh pedal ini. Begitu juga dengan road race maupun nomor lain.

Baca juga: Inspektorat Kota Cilegon terima 12 aduan dugaan pungli dari masyarakat

Tidak hanya balap sepeda, Sanuji Pentamarta juga menjelaskan jika Cilegon juga mempunyai stadion yakni Stadion Gelora Geger Cilegon yang berada di Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber Kota Cilegon dengan kapasitas 40 ribu penonton.

“Itu juga harus dimaksimalkan. Tidak hanya untuk sepak bola, tapi juga bisa untuk kegiatan lain yang bisa berdampak positif bagi masyarakat,” katanya menambahkan.

Kota Cilegon bisa dikatakan sebagai kota internasional karena sejumlah perusahaan asing berdiri dan bahkan menjadi sentral produksi. Jadi peluang untuk berkembang termasuk olahraganya cukup terbuka.

Khusus untuk sepak bola, sebelumnya ada nama Cilegon United. Hanya saja tim tersebut sudah pindah kepemilikan dan berganti nama menjadi RANS Nusantara FC.

Pemiliknya adalah pesohor Raffi Ahmad dan tim tersebut saat ini berlaga di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 dan bermarkas di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogjakarta.

Baca juga: HUT RI, Kesbangpol Cilegon bagikan bendera Merah Putih pada warga
Baca juga: Kapolda Banten jajal lintasan baru uji praktik SIM C Polres Cilegon

Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023