Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Wakapolda Banten Brigjen Pol. M. Sabilul Alif didampingi Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro beserta Pejabat Utama Polda Banten menjajal langsung lintasan terbaru uji praktik SIM C di lingkungan Satlantas Polres Cilegon, Rabu.

Kehadiran Kapolda Banten dan Wakapolda ke Polres Cilegon secara khusus melakukan pengecekan peningkatan pelayanan di Polres Cilegon serta memastikan lintasan terbaru pada uji praktik SIM C benar-benar mudah.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto mengakui jika sirkuit uji praktik sim saat ini ada beberapa pembaharuan. "Sebelumnya praktik uji sim itu ada angka 8, tapi ada peraturan terbaru angka 8 itu diganti dihilangkan jadi later S," katanya.

Dengan adanya pembaharuan uji praktik SIM tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat SIM baik tentang ujian teorinya, praktiknya, sampai dengan keberhasilan untuk pembuatan SIM.

"Ini tentunya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan bisa dirasakan oleh masyarakat bahwa kesadaran untuk berkendara harus mempunyai SIM dan harus melalui beberapa tes yang harus dilaksanakan," kata Didik.

Baca juga: Polres Serang Kota uji praktik lintasan baru pembuatan SIM C

Sementara itu, Kasatlantas Polres Cilegon AKP Riska Tri Arditia mengatakan, jumlah kelulusan uji praktik pemohon SIM C dalam tiga hari terakhir mengalami peningkatan sekitar 95 persen, sejak diberlakukannya pembaruan trek lintasan pada Senin (7/8).

"Jadi untuk jumlah kelulusan nya memang sangat berpengaruh setelah adanya pembaruan trek lintasan. Yang biasanya hanya 50 persen saja dari total pendaftaran yang uji praktik. Sekarang tiga hari ini yang lulus uji praktik itu mencapai 95 persen," katanya.

Saat kunjungan kerja di Polres Cilegon, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto beserta jajaran juga meninjau beberapa layanan seperti pelayanan SPKT, Satpas, Rutan, SKCK, dan Pelayanan Polsek di wilayah hukum Polres Cilegon.

"Pertama yang dicek layanan 110, pengecekan ruang tahanan, posko presisi, setelah itu ke pelayanan pembuatan SKCK, pelayanan SIM dan praktik uji SIM. Dalam arahan nya pak Kapolda tadi meminta agar Polres Cilegon terus meningkatkan pelayanan," pungkas Didik.

Baca juga: 95 persen pemohon lulus uji praktik SIM C di Polres Cilegon

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023