Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon, sejak Senin (7/8), resmi menerapkan skema ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C terbaru. Pada skema terbaru ini, para pemohon pembuatan SIM C semakin dipermudah lantaran jalur berbentuk zig-zag telah dihapuskan, angka "8" kini dihilangkan diganti menjadi lintasan berbentuk "S", dan perubahan pada lebar lintasan dari semula 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. 

Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Riska Tri Arditia saat ditemui di kantornya pada Selasa (8/8), mengatakan, meski baru dua hari sejak pemberlakuan Senin kemarin, tingkat kelulusan uji praktik yang diikuti pemohon pembuatan SIM C baru mencapai 95 persen, mengingat dari total 12 pemohon hari ini, sebanyak 10 pemohon diantaranya dinyatakan lulus uji praktik. Hal ini berdampak signifikan, dibanding dengan tingkat kelulusan uji praktik SIM C pada uji praktik lintasan dengan skema lama.

Baca juga: Polres Cilegon tangkap lima pembobol gudang rokok

Padahal pada skema lintasan uji praktik sebelumnya, dari sebanyak 50 pemohon SIM C baru per harinya yang menjalani uji praktik, hanya sebanyak 50 persen saja yang lolos.

"Kalau untuk tingkat kelulusan nya memang berpengaruh. Dari 12 pemohon pembuatan SIM C baru ada sebanyak 10 pemohon yang lulus uji praktik itu setelah kita beri kesempatan uji praktik selama tiga kali. Kalau yang tidak lulus itu mungkin karena kurang fokus aja.Rata-rata dari dua orang yang tidak lulus karena berhenti di titik pengereman, melewati titik pemberhentian dan menyenggol pembatas," katanya.

Baca juga: Satgas Saber Pungli Cilegon gencarkan sosialisasi di OPD rawan pungli

Nurcahaya Pane, salah seorang pemohon SIM C baru mengatakan, ia lulus uji praktik setelah tiga kali mengikuti ujian. 

"Itu tantangan keluar sendiri, jadi tadi kan sempat dikasih arahan sama petugas. Harus bagaimana, tadi ujian tiga kali karena yang dihadapi harus benar. Mungkin dari situ ada grogi," kata Nur.

Baca juga: Polres Cilegon bekuk lima tersangka kasus penyalahgunaan narkotika

Baca juga: Polres Cilegon tangkap lima pembobol gudang rokok

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023