Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono mengatakan Operasi Patuh Maung 2023 merupakan wujud kesiapan Polda Banten dan jajaran guna menciptakan masyarakat yang tertib, patuh hukum dalam berlalu lintas di daerah itu.

Hal tersebut, disampaikan Kombes Pol Dedy Suhartono saat memimpin Apel gelar pasukan Operasi Patuh Maung 2023 yang dilaksanakan  selama 14 hari, terhitung mulai 10 hingga 23 Juli 2023 dilaksanakan di Lapangan Apel Polda Banten, Senin.

Baca juga: Ada dugaan pelanggaran dalam kasus peluru nyasar di Tangerang

Apel itu diikuti sebanyak 400 personel yang terdiri dari personel Polda Banten dan Kepolisian Resort (Polres) jajaran daerah tersebut.

"Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan fatalitas korban kecelakaan dan mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas,” kata Dedy.

Ia juga menambahkan, tujuan dan target operasi tersebut untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, lancar di lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan. Sehingga dapat meningkatkan ketertiban, kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Baca juga: Serikat Pekerja Banten apresiasi Polda Banten atas penanganan kasus TPPO

Sementara itu, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah mengatakan, sasaran dari operasi tersebut adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar Nasional Indonesia (SNI), menggunakan knalpot bodong dan berboncengan lebih dari satu orang.

Berikutnya, pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan menggunakan HP saat berkendara.

"Operasi ini kami menggunakan metode ETLE statis dan ETLE Mobile. Kemudian nanti jika dalam keadaan tertentu, petugas kita siapkan untuk tilang manual atau non elektronik pada saat pengaturan lalu lintas serta mengedepankan edukasi, sosialisasi dan tindakan-tindakan yang humanis,” katanya.

Baca juga: Serikat pekerja Banten sosialisasikan perlindungan pekerja perempuan dan UU-TPKS

Selanjutnya, Kombes Pol Firman Darmansyah mengimbau kepada para pengguna jalan untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas guna terciptanya situasi yang kondusif.

"Karena patuh dan disiplin merupakan cerminan budaya bangsa. Ciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas,” pungkasnya.

Baca juga: Polisi amankan agen pekerja migran ilegal di Tangerang

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023