Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten siap melakukan vaksinasi rabies massal terhadap hewan peliharaan milik masyarakat untuk mendukung Indonesia terbebas dari rabies.
 
"Sejak tahun 2011 sampai 2023 belum ditemukan kasus rabies di wilayah kami," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar di Lebak, Selasa.
 
Vaksinasi secara massal rabies sendiri akan dilakukan pada peringatan hari rabies sedunia atau "World Rabies Day", 28 September mendatang dengan tujuan agar Indonesia terbebas dari penularan penyakit yang mematikan akibat gigitan hewan peliharaan masyarakat.
 
"Saat ini kami menunggu distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Banten," kata Rahmat menambahkan.
 
Menurut dia, saat ini pihaknya sudah melakukan vaksinasi hewan milik peliharaan masyarakat sebanyak 30 ekor terdiri dari kucing, anjing dan monyet dan belum ditemukan kasus rabies pada manusia.

Baca juga: Antisipasi rabies pada hewan liar, BPBD Tangerang siapkan tim khusus penanganannya
 
Pelaksanaan vaksinasi massal rabies tersebut juga untuk membangun kesadaran masyarakat tentang bahaya rabies dan pentingnya memberantas penyakit rabies.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar melaporkan ke petugas Disnakeswan setempat untuk dilakukan vaksinasi massal rabies secara gratis.
 
Selain itu juga pihaknya kini tengah melakukan pendataan populasi hewan peliharaan masyarakat khususnya yang rawan menular virus rabies, seperti anjing, kucing dan monyet
 
"Kami berharap masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bisa dilakukan penyuntikan vaksin anti rabies," katanya menambahkan.
 
Rahmat mengatakan,penyakit rabies merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan belum ada obatnya. "Kebanyakan korban rabies itu dari gigitan hewan milik masyarakat, seperti anjing, monyet dan kucing."
 
Dengan demikian,masyarakat harus waspada dan berhati-hati terhadap hewan peliharaan dan lebih baik dilakukan vaksinasi rabies agar terbebas dari rabies.
 
"Kita mengapresiasi hingga kini Lebak belum ditemukan kasus rabies," pungkas Rahmat.

Baca juga: DKP Kota Tangerang sediakan layanan vaksin rabies gratis di Festival Cisadane
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023