Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak, Banten mencatat enam pasien COVID-19 yang menjalani isolasi di Gedung BPPS Banten di Jalan Siliwangi Rangkasbitung dinyatakan sembuh.

"Kita hari ini pasien yang masih isolasi sebanyak 16 orang," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal, Sabtu.

Baca juga: Legislatif Lebak desak pemerintah berikan subsidi harga kedelai bantu perajin tempe
 
Ruangan isolasi di Gedung BPPS Banten hingga kini masih banyak yang kosong setelah enam orang pasien COVID-19 pulang karena kondisinya sudah sembuh.
 
Saat ini, pasien COVID-19 yang masih menjalani di ruangan isolasi tercatat 16 orang, namun kondisinya relatif stabil berdasarkan laporan tenaga medis.
 
"Semua pasien COVID-19 ditangani secara khusus sesuai standar operasional prosedur ( SOP) dan tidak boleh dikunjungi oleh keluarganya yang masuk ruangan karena khawatir tertular virus membahayakan, " katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, ruangan isolasi yang disediakan di Gedung BPPS Banten sebanyak 80 tempat tidur, sedangkan tempat tidur yang terisi 16 orang.
 
Sehingga, kata dia, sisanya sebanyak 64 tempat tidur masih kosong
 
"Kami siap menampung pasien isolasi karena masih banyak tempat tidur yang kosong," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, Gedung BPPS Banten khusus untuk isolasi gejala ringan yang positif COVID-19 dan mereka tidak lagi isolasi mandiri di tempat kediamannya.
 
Saat ini, kasus COVID-19 di Kabupaten Lebak kembali melonjak, sehingga perlu dilakukan isolasi di Gedung BPPS Banten agar tidak menyebarkan virus mematikan ke orang lain.

Pasien COVID-19 yang menjalani isolasi minimal selama 14 hari dan diperbolehkan pulang jika hasil 'swab test' (tes usap) kembali negatif.
 
Warga yang menjalani isolasi juga mendapatkan pendampingan tenaga medis terdiri dokter, perawat dan tenaga administrasi.
 
Disamping itu juga dilengkapi obat-obatan dan mereka mendapatkan makan sehari tiga kali.
 
"Kami melayani isolasi itu untuk warga yang dinyatakan positif COVID-19 tanpa biaya, " katanya menjelaskan.
 
Berdasarkan laporan data COVID-19 pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Sabtu (19/2) tercatat 11.923 orang dan di antaranya yang sembuh sebanyak 9.571 orang, 2.136 orang menjalani isolasi dan 216 orang dilaporkan meninggal dunia.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022