Seorang jamaah haji asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dilaporkan meninggal dunia di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi karena sakit jantung.

"Kami sudah menyampaikan kabar duka itu ke keluarganya," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Humaedi Hakim saat dihubungi di Lebak, Senin.

Jemaah haji asal Kabupaten Lebak yang meninggal dunia itu diketahui bernama Udi Wahyudin Sai (64) warga Kampung Lebak Buah Rt/Rw 16/05 Desa Karya Jaya Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak.

Almarhum meninggal akibat sakit jantung dan sempat dirawat di Rumah Sakit King Abdullah dan dimakamkan di pemakaman Ma'la Mekkah.

"Kami sangat berduka dengan meninggalnya seorang jemaah haji asal Lebak itu. Dan, semoga Allah Swt masuk dalam surga," katanya.

Proses ibadah yang dilaksanakan oleh jamaah haji asal Kabupaten Lebak sebanyak 707 orang berjalan lancar dan telah melaksanakan rukun Islam kelima di Tanah Suci dan diharapkan bisa menjadi haji mabrur.

"Kami mengapresiasi kualitas pelayanan ibadah haji tahun ini cukup baik dan diharapkan mereka kembali ke Tanah Air dengan selamat," ujarnya.

Ia mengatakan, daftar tunggu calon jemaah haji Lebak hingga keberangkatan ke Tanah Suci, Mekkah, mencapai 20 tahun dengan jumlah 12.000 orang.

Selama ini, minat masyarakat untuk memenuhi panggilan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, cenderung meningkat. Bahkan, calon jamaah haji tahun ke tahun terus meningkat.

Apalagi, wilayah Kabupaten Lebak terdampak pembangunan nasional jalan Tol Serang-Panimbang. Karena itu, banyak masyarakat yang mendapat pembebasan lahan mendaftar calon jamaah haji.

"Kami minta calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu itu bersabar, meski mengantre cukup panjang hingga 20 tahun," katanya.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019