Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyiagakan personel dan peralatan tugasnya, seperti perahu, di arena Festival Cisadane 2019 guna memberikan kenyamanan peserta selama kegiatan tahunan itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra di Tangerang, Minggu, mengatakan dalam pembukaan dan penutupan festival itu disiagakan 40 personel.

Selama pelaksanaan lomba dayung pada festival tersebut, katanya, 15 personel bertugas selama 24 jam. Mereka patroli guna memastikan bahwa tak ada warga yang dalam keadaan dekat dan berbahaya di bantaran sungai, tempat kegiatan itu.

"Selain personel, juga disiapkan peralatan berupa lima perahu aluminium dan satu perahu fiber. Semuanya telah diberikan pelatihan dalam membantu maupun evakuasi," ujar dia.

Baca juga: Kota Tangerang gelar Kejurda tinju di bantaran Sungai Cisadane

Personel yang bertugas pun sudah mempersiapkan diri dengan meninjau lokasi.

Menurut dia, aspek keselamatan menjadi perhatian penting sebab festival dilakukan di Sungai Cisadane.

"Dalam pembukaan, ada parade perahu, juga ada lomba dayung," ujarnya.

Selain menyiapkan personel dan peralatan keselamatan, BPBD setempat turut memeriahkan Festival Cisadane dengan edukasi kebencanaan yang dapat ditemui di stan BPBD.

"Di stan dipamerkan alat alat keselamatan, seperti alat dan baju pemadam kebakaran yang biasa digunakan personel saat bertugas, juga ada pakaian selam dan lain sebagainya," ucapnya.

Baca juga: Pemkot tata ulang bantaran sungai jelang Festival Cisadane

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019