Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tangerang meraih penghargaan Pakarti Utama dalam program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK tingkat Nasional.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Wismansyah di Tangerang Jumat mengatakan, ada empat RW di Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, yang mewakili Provinsi Banten pada tingkat Nasional dan berhasil mengumpulkan 85 poin.

Ia menjelaskan bahwa penghargaan diberikan dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Nasional ke 47 di Kota Padang Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, banyak keunggulan dan program yang ditonjolkan Larangan Selatan pada Hatinya PKK, mulai dari menanam 10 jenis tanaman sayuran, 10 jenis tanaman toga hingga tanaman pelindung.

Baca juga: Sachrudin: Penghargaan KLA bukti komitmen Pemkot penuhi hak anak

"Di sisi kebersihan, rumah warga juga jadi indikator penilaian. Kebersihan jamban, kamar mandi, dapur hingga jenis makanan yang dikonsumsi warga yang harus beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA)," ujar Aini Suci Wismansyah.

Keunggulan Hatinya PKK Larangan Selatan, katanya, juga pada pengolahan tanaman yang ditaman warga di masing-masing rumah.

Mulai dari pengolahan jahe menjadi minuman jahe Nusantara cepat saji, minuman kunyit asem, es lidah buaya hingga keripik terong.

"Dari empat RW yang menjadi kawasan penilaian Hatinya PKK Nasional memiliki keunggulan sendiri, di bidang peningkatan perekonomian lingkungan," katanya.

Hatinya PKK merupakan perlombaan dari tingkat kelurahan hingga nasional. Setiap tahunnya, Kota Tangerang selalu menjadi juara di tingkat Provinsi Banten.

Namun, pengajuan ditingkat nasional dilakukan secara bergilir. Kota Tangerang sebelumnya, juga pernah meraih prestasi serupa, yakni pada 2013.

Baca juga: Pemkot Tangerang budayakan masyarakat sadar koperasi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019