Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pemerintah Kota Tangerang menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-72 di daerah itu guna memperkuat budaya masyarakat sadar koperasi pada 30-31 Juli 2019. 

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Tangerang Kholil Kurniawan di Tangerang, Kamis, mengatakan berbagai perlombaan itu, di antaranya lomba cerdas cermat perkoperasian tingkat SLTA dan antarkoperasi, lomba karya tulis ilmiah perkoperasian, serta pemilihan duta koperasi.

"Ada empat lomba yang diadakan pada 30-31Juli, pendaftaran pun sudah dibuka untuk masyarakat," ujarnya.

Dia mengharapkan berbagai perlombaan diselenggarakan pemkot agar semakin menumbuhkan budaya masyarakat terhadap pentingnya sadar tentang koperasi.

Baca juga: Kampung tematik Kota Tangerang dilengkapi toilet umum

Dia mengatakan koperasi ialah badan usaha yang beranggotakan orang maupun badan hukum yang berlandaskan asas kekeluargaan.

"Banyak manfaat menjadi anggota koperasi, terutama memperkuat ekonomi masyarakat dan UKM," ujarnya.

Kholil menjelaskan dalam lomba cerdas cermat setiap sekolah dan koperasi, setiap peserta mengirimkan tim dengan tiga anggota.

Dalam lomba itu, kata dia, peserta akan diuji pengetahuan dan wawasan tentang perkoperasian.

Ia mengatakan dalam lomba duta koperasi akan dicari pengurus atau pengawas koperasi yang memiliki pengetahuan dan wawasan koperasi terbaik.

Dia mengharapkan duta koperasi  turut menyosialisasikan manfaat koperasi kepada masyarakat karena hingga saa tini masih banyak banyak potensi yang dapat dikembangkan melalui koperasi.

Terkait dengan lomba karya tulis ilmiah, kata dia, dengan tema reformasi total koperasi di era revolusi industri 4.0.

"Paling penting dalam lomba ini, karya harus original, bukan terjemahan dan belum pernah dimuat di media manapun," kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang bangun rusunami solusi atasi ketersediaan lahan
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019