Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang, Banten mendukung program kampung tematik yang layak huni dan dikunjungi dengan membangun sarana toilet umum di kampung binaannya.

Kepala Seksi Pengembangan, Perumahan dan Permukiman pada Perkim Kota Tangerang, Shandy Sulaeman di Tangerang Kamis mengatakan, toilet umum saat ini sedang dalam proses pembangunan di tiga lokasi kampung tematik.

Adapun desain pembangunan toilet itu dan jumlah bangunan toilet pun disesuaikan dengan tema kampung tematik.

"Dinas Perkim mendukung kampung tematik melalui penyediaan sarana prasarana umum, salah satunya penyediaan toilet, Ada tiga lokasi yang sedang dibangun yakni Kampung bekelir, Kampung Inovasi Cimone dan Teras Cisadane," papar dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang - JICA Jepang meresmikan Pelican Benteng Betawi

Sementara Ketua RT 01 RW 02 di Kampung Inovasi Cimone, Suherman, menyambut baik dibangunnya toilet umum.

"Kehadiran sarana umum tersebut, memberikan kenyamanan bagi warga dan pengunjung. Sebab sekarang banyak warga dari luar daerah datang ke kampung ini," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang sejak tahun lalu aktif membuat kampung tematik dengan potensi setiap wilayah masing - masing.

Puluhan kampung tematik sudah terbentuk seperti kampung bekelir, kampung batik, kampung markisa, kampung pingli, kampung talas, kampung tempe, kampung konfeksi, kampung cincau dan banyak lagi.

Tujuan dari pembentukan kampung ini adalah untuk mengajak peran warga dalam menjaga kebersihan dan menata lingkungan.

Sebab di dalamnya ada program yang digalakkan seperti penanganan banjir dengan membuat sumur resapan dan biopori, lalu pemanfaatan lahan untuk berkebun hingga memunculkan potensi yang ada di wilayah tersebut.

Baca juga: "Job Fair" Kota Tangerang sediakan 8.000 lowongan pekerjaan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019