Pemerintah Kabupaten Pandeglang memberikan  pembinaan dan pelatihan ekonomi syariah bagi para pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) dan  remaja masjid di daerah itu.

"Pembinaan dan pelatihan ekonomi syariah bagi para pengurus DKM dan remaja masjid ini untuk meningkatkan SDM dan pengetahuan terkait ekonomi syariah, sasaranya adalah pengembangan usaha yang berbasis ekonomi syariah, bagi pengurus DKM dan remaja masjid maupun pondok pesantren yang memiliki wirausaha," kata Kepala Bagian Keserta Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang Syamsudin saat memberikan arahan kepada para peserta pelatihan dan pembinaan ekonomi syariah, Rabu.
 
Dalam mewujudkan pengembangan ekonomi syariah, kata dia, para pengurus masjid maupun ponpes yang mendirikan usaha harus memiliki pengetahuan terkait pengembangan ekonomi syariah, sehingga  bisa menerapkan usaha dengan prinsip-prinsip sesuai ekonomi syariah.

Baca juga: IPDMIP diharapkan dorong kemandirian pangan Pandeglang

Baca juga: Bupati Pandeglang minta Korpri kreatif rumuskan program kerja

Ia menambahkan selain menggelar pembinaan dan pelatihan bagi para pengurus masjid,  pihaknya menggelar sosialisasi produk hukum bagi para lurah.

"Tentunya hal ini sangat sejalan dengan pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dimana sosialisasi produk hukum ini untuk memberikan penjelasan terkait mekanisme produk hukum, baik masalah hibah, kesehatan maupun bantuan-bantuan dari pemerintah, sehingga masyarakat tahu tentang tahapan dan tata cara pengajuanya sesuai dengan prosedur yang berlaku, " katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pery Hasanudin mengatakan terkait produk hukum, dimana di dalamnya terdapat berbagai bantuan hibah dari pemerintah daerah, baik di bidang sosial, agama dan kesehatan, jadi masyarakat harus mengetahui seperti apa mekanismenya.

"Terkait pengembangan ekonomi syariah, Sekda sangat mendukung sekali, hal ini tentunya dapat mewujudkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan menerapkan usaha berbasis ekonomi syariah, ini harus di kembangkan tentunya dalam rangka membangun ekonomi Islam," katanya.

Baca juga: Kemensos serahkan santunan pada ahli waris korban tsunami di Pandeglang

Baca juga: Dinsos Pandeglang "launching" BPNT 2019

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019