SMP PGRI 1 Tangerang menggelar program kewirausahaan atau market day yang diikuti siswa-siswa kelas 8 dan 9 yang merupakan salah satu program kurikulum merdeka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SMP PGRI 1 Tangerang, Miftah Syarif di Tangerang, Jumat menjelaskan pelaksanaan P5 ini dilakukan kelas 8 dan 9 yang mengambil tema kewirausahaan dengan tujuan untuk mengajarkan siswa untuk kemandirian sesuai dengan apa yang diterapkan dalam P5.

"P5 pada tahun ini yang kelas 8 dan 9 kita mengambil tema tentang kewirausahaan, dimana siswa itu diajarkan ataupun belajar bagaimana berwirausaha", jelasnya.

Baca juga: Disdik Tangerang berharap Kombel implementasikan kurikulum merdeka

Dalam kegiatan berwirausaha ini siswa belajar 10 hari sebelum menggelar market day tersebut. Dalam kegiatan ini ada 14 kelas yang menjajakan berbagai macam produk yang harus dijual dan dari sana siswa akan belajar berniaga dengan mengenal untung atau rugi.

"Selama 10 hari mengikuti program p5 kewirausahaan ini mulai dari materi ataupun teori-teori tentang berniaga kemudian bagaimana menghitung modal", terangnya.

Miftah juga menambahkan bahwa kegiatan kewirausahaan ini diharapkan mampu membuat siswa menjadi mandiri dan juga memiliki pengalaman berniaga buat siswa di masa depannya.

"Karena ini bekal hidup mereka juga ketika mungkin nanti mereka menjadi atau keluar dari sini atau menjadi bisa menunjukkan paling tidak ada pengalaman dalam berniaga", ujarnya.

Baca juga: Kepsek dan guru TK di Kota Tangerang diberi pemahaman Kurikulum Merdeka

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024