Lebak (Antaranews Banten) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mendirikan posko bencana pada mudik lebaran 2018 guna melayani masyarakat.
     
"Kita mendirikan posko siaga bencana berlokasi di perempatan Mandala karena dilintasi kendaraan pemudik lebaran," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi di Rangkasbitung, Senin.
     
Pendirian posko siaga bencana pemudik untuk memberikan pelayanan evakuasi pertolongan kemanusian jika terjadi kecelakaan lalu lintas maupun bencana alam.
     
Apalagi, lintasan Rangkasbitung cukup padat kendaraan menuju arah Tangerang, Pandeglang, Serang dan Bogor.
     
Selain itu juga wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori daerah bencana alam, seperti banjir, longsor, kebakaran dan gempa.
     
Karena itu, posko siaga bencana mudik dapat melakukan penyelamatan masyarakat yang dilanda bencana alam maupun kecelakaan.
     
Mereka petugas kebencanaan dan relawan memiliki kemampuan untuk melakukan evakuasi dengan bergerak cepat memberikan pertolongan.
     
"Kami menyiagakan petugas BPBD dan relawan serta peralatan evakuasi kebencanaan," katanya.   
     
Menurut dia, BPBD setiap mudik lebaran mendirikan posko siaga bencana mudik agar masyarakat yang hendak pulang kampung merasa aman dan nyaman.
     
Bahkan, relawan BPBD bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas jika terjadi lalu lintas.
     
"Kami siaga selama 24 jam untuk melayani masyarakat untuk mengurangi risiko bencana alam dan kecelakaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," katanya.

Baca juga: BPBD Lebak Minta Masyarakat Waspadai Bahaya Kebakaran

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018