Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Lebak, Banten menggelar sunatan massal terhadap 31 anak dari keluarga tidak mampu di sejumlah desa dan kelurahan di daerah itu.
 
"Program sunatan massal itu menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) IDI ke-74 yang jatuh 21 Oktober 2024," kata Wakil Ketua IDI Cabang Kabupaten Lebak dr Budi Mulyanto di Lebak, Rabu.
 
Kegiatan bakti sosial sunatan massal tersebut, selain dalam rangka HUT Ke-74 IDI juga pengabdian kepada masyarakat.
 
Para peserta sunatan massal itu, mendapat bingkisan sarung, pensil warna plus crayon, dan uang saku Rp200 ribu.
 
Petugas khitan melibatkan 29 dokter terdiri atas dokter spesialis dan dokter umum yang berasal dari RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, rumah sakit swasta, puskesmas, dan klinik swasta.

Baca juga: Seratusan anak ikut sunatan massal Kejari Tangerang
 
Pelaksanaan sunatan salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki.
 
Manfaat sunatan itu untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sah ibadah.
 
"Kita rutin setiap tahun menyelenggarakan khitan massal karena merupakan bagian pengabdian kepada masyarakat," kata Direktur RSUD Adjidarmo Rangkasbitung itu.
 
Ia mengatakan kegiatan sunatan massal ini bukti nyata komitmen IDI Cabang Kabupaten Lebak untuk mewujudkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.
 
"Kami berterima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dan semoga memberikan manfaat untuk masyarakat banyak dan khitanan massal diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan anak-anak," katanya.
 
Baca juga: DPRKPP sebut rehabilitasi 150 unit RTLH di Lebak rampung

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024