Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian guna memperkuat program pangan nasional.

Upaya peningkatan SDM pertanian tersebut, melalui peresmian Gedung Pusat Pelatihan di Kompleks Kawasan Agropolitan (Puskagro) di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

Pejabat (Pj) Andi Ony Prihartono di Tangerang, Jumat menyampaikan bahwa Gedung Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian ini merupakan sarana pengembangan dan peningkatan kapasitas para petani dan pelaku usaha di sektor pertanian.

"Gedung ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk meningkatkan kemampuan SDM pertanian kita, agar mereka dapat bersaing dan berinovasi dalam menghadapi tantangan global di sektor pangan," terangnya.

Baca juga: 50 Praja IPDN diingatkan Sekda pentingnya integrasi ilmu saat studi lapangan

Ia mengungkapkan, dengan adanya gedung pusat pelatihan tersebut juga sekaligus menandai pembukaan Tangerang Agro Festival 2024, yang merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-392 Kabupaten Tangerang.

Kegiatan Tangerang Agro Festival, bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui berbagai program pelatihan dan edukasi.

"Kami berharap festival ini tidak hanya sebagai ajang pameran produk, tetapi juga menjadi momentum kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam memajukan pertanian di Kabupaten Tangerang," ungkapnya.

Ia berharap Tangerang Agro Festival bisa menjadi agenda rutin oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kabupaten Tangerang yang bisa diikuti oleh para petani, pelaku agrobisnis dan UMKM yang mempunyai berbagai inovasi pertanian, baik produk maupun peralatan pertanian lainnya.

"Festival ini bisa dijadikan kegiatan yang bisa digelar rutin setiap tahunnya. Ini bisa menjadi ajang promosi ataupun pameran produk-produk pertanian, gelar inovasi pertanian dan berbagai bahan olahan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan," ujarnya.

Baca juga: Biar lancar saat tes, Pemkot Tangerang latih calon PPPK gunakan komputer
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024