Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menuntaskan penetapan nomor urut calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang yang akan bersaing pada pemilihan kepada daerah (pilkada) 2024 pada 27 November.
 
Pengundian nomor urut dipimpin Ketua KPU Kota Serang, Nanas Nasihudin, di Serang, Senin dan disaksikan langsung paslon beserta pendukungnya.

Hasilnya, nomor urut satu jatuh pada Ratu Ria Maryana-Subadri Ushuludin. Mereka diusung sepuluh parpol, terdiri dari Partai Golkar, PPP, PDIP, PKB, dan Partai Demokrat. Kemudian, partai non parlemen ada Partai Perindo, Gelora. 

Baca juga: Ribuan pendukung paslon padati kantor KPU Serang saat pengundian nomor
 
Selanjutnya, nomor urut dua jatuh pada paslon Budi Rustandi-Nur Agis Aulia. Mereka diusung oleh lima parpol yaitu Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 
 
Kemudian, nomor urut tiga untuk paslon Syafrudin-Heriyanto yang diusung tiga parpol, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai NasDem, dan Partai Ummat. 
 
Nanas mengatakan bahwa KPU Kota Serang terus menjalankan fungsinya sesuai dengan tahapan yang ada. Setelah penetapan paslon dilanjutkan dengan penetapan nomor urut yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka.

Baca juga: Jelang kampanye, Bawaslu Kota Serang mulai tertibkan APK
"Pada hari ini KPU Kota Serang menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut dan penetapan pasangan calon yang disaksikan oleh perwakilan dari partai politik, peserta pemilu dan Bawaslu," katanya. 
 
Setelah pengundian nomor urut paslon, tahapan Pilkada Kota Serang akan memasuki masa kampanye. Adapun, masa kampanye berlangsung mulai 25 September hingga 23 November 2024. Sementara itu, pelaksanaan pemungutan suara untuk Pilkada Serentak 2024 bakal berlangsung pada 27 November mendatang. 
 
"Besok Selasa 24 September semua calon akan mengikuti deklarasi kampanye damai yang dilaksanakan oleh KPU yang akan berlangsung di Alun-Alun barat Kota Serang,” pungkas  Nanas Nasihudin.

Baca juga: KPU Kota Serang tetapkan tiga pasangan calon Pilkada 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024