Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) yang valid, akan mengantarkan perjalanan pembangunan daerah ke depan.
 
Al Muktabar mengharapkan data-data itu telah tersusun dengan baik dan memperhatikan ketentuan yang berlaku guna pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.
 
"Mudah-mudahan ini datanya yang baik dan valid. Ini akan menghantarkan perjalanan daerah ke depannya, karena kita memilih kepala daerah," kata Al Muktabar dalam rapat pleno terbuka penetapan DPT Pilkada di Serang, Minggu.
 
"DPT menjadi kata kunci dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada ini," katanya menegaskan.

Baca juga: KPU Banten tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 8.926.662 jiwa
 
Al Muktabar juga mengapresiasi kinerja KPU Provinsi Banten dan Bawaslu Provinsi Banten yang telah bekerja keras atas segala tahapan yang telah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
 
"Kita memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Provinsi Banten atas segala tahapan yang telah dilakukan, mudah-mudahan ini bagian langkah kita ke depan dalam memberikan pelayanan publik," katanya menambahkan.
 
Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga mengimbau kepada masyarakat Provinsi Banten untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada Serentak pada 27 November 2024.
 
"Kita berharap masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya, karena itu bagian ikhtiar kita untuk mendapatkan pemimpin ke depan yang akan memandu jalan kita lima tahun ke depan," pungkasnya.

Baca juga: Airin-Ade dan Andra Soni-Dimyati ditetapkan jadi peserta Pilgub Banten
 
Sementara, Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan mengatakan, Provinsi Banten secara kewilayahan memiliki karakteristik, yakni pedalaman dan kepulauan. Oleh karena itu dalam pelaksanaan tahapan Pilkada tersebut terdapat tantangan.
 
"Alhamdulillah hal-hal itu dapat dilalui dengan baik, dan dalam proses penyusunan ini (DPT, red) kami selalu diawasi oleh Bawaslu secara berjenjang. Diharapkan data pemilih ini akurat, komprehensif dan valid," ungkap Ihsan dalam sambutannya.
 
Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos.
 
Sebagai informasi, berdasarkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 Tingkat Provinsi Banten sebanyak 8.926.662.  
 
Dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 4.495.022 dan pemilih perempuan 4.431.640 yang tersebar di delapan Kabupaten/Kota, 155 Kecamatan dan 1.552 Kelurahan/Desa serta 17. 231 TPS. 
 
Kemudian, KPU juga menyediakan portal https://cekdptonline.go.id bagi masyarakat yang ingin melakukan pengecekan namanya terdaftar pada DPT

Baca juga: KPU Banten: hindari pendirian TPS di kawasan berpotensi bencana

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024