Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Provinsi Banten bekerja sama dengan Universitas Islam Bandung (Unisba) untuk melakukan reviu terhadap rencana tata ruang wilayah (RTRW) daerah itu.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Serang, Rabu, mengharapkan kehadiran Jurusan Planologi Unisba itu untuk kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat agar bisa langsung berjalan.

"DPUPR beserta jajarannya akan mereviu rencana tata ruang wilayah atau RT/RW yang menyangkut ilmu Jurusan Planologi, ilmu yang mempelajari sebuah wilayah atau kota beserta unsur yang ada di dalamnya," katanya.
 
Ia mengatakan Unisba akan mengirimkan dosen-dosen untuk bergabung dengan pihak DPUPR dalam rangka mereviu RTRW yang dibutuhkan, seperti proyek strategis nasional yang menyesuaikan dengan pusat dan provinsi.
 
"Kami berharap kepada rektor Unisba untuk tidak berhenti menjalin kerja sama dengan Pemkab Serang melalui DPUPR. Namun, bisa melakukan kerja sama yang lainnya bersama organisasi perangkat daerah (OPD). Nanti kita gali apalagi yang akan bisa dikerjasamakan," katanya.

Baca juga: Permudah layanan masyarakat, Pemkab Serang hadirkan MPP
 
Rektor Unisba Edi Setiadi mengatakan perguruan tinggi mempunyai tugas, yakni tri dharma perguruan tinggi, berupa pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.
 
"Tiga tugas nilai yang bisa dikolaborasikan dengan berbagai pihak, seperti saat ini dengan Pemkab Serang di mana jadi tiga bidang perguruan tinggi itu yang akan dikembangkan," katanya.
 
Melalui tugas pengabdian, katanya, para dosen dan mahasiswa bisa mengamalkan ilmunya di Pemkab Serang.

"Tiga bidang tersebut dapat mencakup semua aspek yang bisa dikerjasamakan dengan berbagai instansi," kata dia.

Baca juga: Program Balung Anak Kabupaten Serang diperluas

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024