Pemerintah Kabupaten Serang hadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) di pusat pemerintahan kabupaten serang (Puspemkab) untuk mempermudah layanan kepada masyarakat.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, di Serang, Rabu mengatakan, sebanyak 24 tempat layanan telah disiapkan baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Serang maupun instansi vertikal.
 
“Mal pelayanan publik di Kabupaten Serang ini usaha kita untuk meningkatkan pelayanan masyarakat lebih tepat, nyaman dan semua ada di satu tempat pelayanan," ujarnya.
 
Ia mengatakan, perkenalan atau soft launching ini merupakan bagian dari rangkaian sebelum peresmian yang akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Abdullah Azwar Anas.
 
“Ini uji coba dahulu, dan semoga nanti saat peresmian semuanya lancar. Untuk MPP dibuka setiap hari. Hanya saja, tidak semua pelayanan yang buka setiap hari, lain halnya dengan pelayanan dari OPD Pemkab Serang," katanya.

Baca juga: Pemkot Serang hadirkan layanan BNN di MPP
 
Ia mengatakan, untuk pelayanan di MPP tidak akan mengganggu  pelayanan di OPD karena setiap OPD pelayanan saling berkaitan misalnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan DPMPTSP. Ini saling berkaitan karena antar OPD tersebut saling terkait untuk mengeluarkan perizinan.
 
“Kita lihat cukup lengkap ya, di sini juga ada tempat untuk memberikan masukan dan saran, kemudian ada juga ruang untuk pengaduan. Karena sifatnya pelayanan, kita harus membuka diri untuk pengaduan, saran masukan, untuk perbaikan," katanya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Serang, Syamsuddin menyebutkan,  untuk instansi vertikal yang ada di MPP meliputi kepolisian, BPOM Serang, Samsat, BPJS Kesehatan, BPJS Ketengakerjaan, Perumda Tirta Al Bantani, Perumda BPR Serang, dan Bank bjb Banten.
 
"Kami berharap dengan adanya MPP ini semuanya bisa lebih baik jadi aspek waktunya pelayanan dan keterjangkauan itu semua masih seperti dahulu standarnya. Akan tetapi, di MPP minimal semua terekam secara elektronik mulai dari pengunjung masuk dengan menekan tombol mulai terhitung dari jam masuk dan pulang itu," katanya.
 
Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, jika ingin mengurus semua berkaitan dengan perizinan sudah bisa datang ke MPP tepatnya berlokasi di Puspemkab Serang.

Baca juga: BKPSDM Kota Serang catat 16 ribu orang daftar CPNS 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024