Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menerima penghargaan Paritrana Award 2024 kategori Kabupaten/Kota Coverage Zona Jawa-Bali karena dinilai berhasil melakukan inovasi dalam meningkatkan cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendi yang disaksikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin kepada Pemkab Tangerang di Jakarta, Kamis.

"Paritrana Award 2024 ini akan semakin menguatkan komitmen, kolaborasi dan sinergisitas seluruh pihak di Kabupaten Tangerang untuk terus mengoptimalkan cakupan peserta BPJS aktif, khususnya bagi para pekerja rentan sebagaimana arahan Wapres tadi," ucap Pejabat Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono.

Ia mengatakan raihan Paritrana Award tersebut diyakini akan semakin menguatkan komitmen dan sinergisitas seluruh pihak untuk terus mengoptimalkan cakupan kepesertaan jaminan perlindungan sosial pekerja, khususnya pekerja rentan beserta keluarganya yang ada di daerahnya itu.

Baca juga: Pemkab Tangerang terima Paritrana Award 2023

Menurut dia, keberhasilan mendapat penghargaan Paritrana ini tidak lepas dari berbagai terobosan, kolaborasi dan dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja, BPJS, pelaku usaha serta berbagai pihak lainnya yang terus berupaya mengoptimalkan cakupan kepesertaan pekerja dan keluarganya terhadap program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kami mempunyai strategi khusus dalam pemberian jaminan perlindungan sosial tenaga kerja, yaitu dengan penguatan regulasi, penguatan anggaran dan kemudian implementasi kebijakan. Kami dari Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menerbitkan berbagai regulasi dalam rangka memberikan dasar bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan program dimaksud," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, selain sisi regulasi, Pemkab Tangerang juga telah mengalokasikan anggaran yang memadai dan pengintegrasian data serta implementasi program perlindungan jaminan sosial.

Selain itu, pihaknya telah melakukan sinkronisasi data, khususnya data kemiskinan dan kemiskinan ekstrem yang dipadukan untuk memantau dan melihat di mana saja masyarakat yang benar-benar membutuhkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kami bekerja sama dan berkolaborasi bersama OPD lainnya, misalnya dengan Dinas Tenaga Kerja. Bagi ahli waris pekerja yang sudah mendapatkan perlindungan jaminan sosial, kami juga melaksanakan pelatihan khusus dalam rangka peningkatan kompetensi dan perlindungan jaminan sosialnya," paparnya.

Baca juga: Pemkab Tangerang genjot turunkan angka kematian ibu dan bayi

Program Jamsostek sangat penting bagi kesejahteraan pekerja serta memberikan manfaat yang lebih kepada para pekerja, seperti jaminan pensiun, hari tua, kecelakaan kerja dan jaminan kematian yang akhirnya berdampak pada pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Tangerang.

"Program Jamsostek ini sangat baik dan strategis untuk dilaksanakan. Manfaatnya sangat besar sekali yang itu semua berdampak bagi kita terhadap penurunan kemiskinan yang ada," kata dia.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) merupakan wujud nyata hadirnya negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarganya.

Untuk itu, dalam upaya menuju Indonesia Emas 2045, salah satu pilar pembangunan yang hendak dicapai yaitu pembangunan manusia melalui reformasi ketenagakerjaan.

"Dalam upaya menuju Indonesia Emas 2045, salah satu pilar pembangunan yang hendak dicapai yaitu pembangunan manusia melalui reformasi ketenagakerjaan," ujarnya.

Wapres meminta kepada seluruh lembaga, kementerian, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan mendukung penuh dan bergerak aktif bersama menyukseskan pembangunan bidang ketenagakerjaan khususnya program perlindungan sosial jaminan ketenagakerjaan.

"Saya meminta seluruh kementerian, lembaga, kementerian, pemerintah daerah dan pemerintah desa untuk terus memastikan seluruh pekerja, termasuk pegawai non-ASN hingga kader kemasyarakatan dapat menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang buka fasilitasi produk laik hygiene
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024