Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang di Provinsi Banten menerima Paritrana Award 2023 karena dinilai mendukung penuh pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan itu kepada Penjabat Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono dalam acara yang berlangsung di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta pada Jumat.

Andi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan Paritrana Award 2023 kategori pemerintah kabupaten/kota terbaik zona Jawa-Bali untuk upayanya melindungi 86.000 pekerja rentan.

"Ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah berinovasi melindungi 86.000 pekerja rentan," katanya.

"Semoga dengan diraihnya penghargaan ini, kita semua bisa lebih termotivasi untuk memperluas cakupan pemberian perlindungan terhadap pekerja rentan dan masyarakat Kabupaten Tangerang," kata dia.

Baca juga: Bupati Tangerang Andi Ony panen cabai di Kecamatan Kronjo

Ia mengatakan bahwa pemerintah kabupaten berkomitmen untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan serta para pemilik usaha untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja rentan di Kabupaten Tangerang.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi pemerintah daerah dan pemilik usaha yang telah mengalokasikan anggaran untuk melindungi pekerja rentan dan miskin di wilayahnya masing-masing dari berbagai risiko kerja.

Dia menginstruksikan kementerian/lembaga terkait serta pemerintah daerah menjalankan langkah-langkah strategis untuk memperluas cakupan program jaminan sosial ketenagakerjaan, termasuk merumuskan kebijakan dan penganggaran tepat, melaksanakan sosialisasi dan edukasi secara berkelanjutan, dan mengoptimalkan pelayanan.

"Setiap orang berhak atas jaminan sosial, salah satu upaya pemerintah dalam rangka melaksanakan mandat tersebut adalah melalui penyelenggaraan sistem jaminan sosial ketenagakerjaan yang sangat fundamental untuk mencegah dan mengatasi risiko sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh pekerja, utamanya pekerja rentan dan keluarganya," katanya.

Paritrana Award merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta pelaku usaha yang mendukung penuh pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca juga: Di Tangerang, Kemendag fasilitasi transaksi ekspor senilai 50 juta euro
Baca juga: Kota Tangerang raih penghargaan investasi capai Rp9,16 triliun

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023