Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Banten, mengatakan Festival Gotong Toapekong yang merupakan kegiatan 12 tahunan sekali yang akan digelar di Vihara Boen Tek Bio, Tangerang, 21 September 2024.

"Bulan ini banyak event yang digelar di Kota Tangerang, antara lain Festival Gotong Toapekong yang merupakan event 12 tahunan sekali," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang Kamis.

Ia mengatakan ritual khas budaya Tionghoa (Cina Benteng) yakni Gotong Toapekong telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Baca juga: Perkumpulan Boen Tek Bio bersama masyarakat bersihkan Sungai Cisadane

Ritual Gotong Toapekong merupakan salah satu perayaan budaya yang memiliki keunikan karena diselenggarakan 12 tahun sekali. Ritual yang dilakukan adalah mengarak patung Dewi Kwan Im Hud Couw di sepanjang ruas jalan kota oleh Perkumpulan Klenteng Boen Tek Bio.

Arak-arakan Gorong Toapekong juga mempunyai daya tarik yang besar, kata dia, bahkan sudah menjadi sorotan dari wisatawan internasional. “Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut melestarikannya," ujar Rizal.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menambahkan sepanjang bulan September ada 10 kegiatan besar yang bisa diikuti atau dimeriahkan oleh masyarakat, antara lain Tangerang Bershalawat di Masjid Raya Al-A’zhom. Turnamen Golf Wali Kota Cup, Kejuaraan Karate, MTQ Tingkat Kota Tangerang, hingga Tangerang Rescue Race

"Informasi mengenai kegiatan bisa di cek melalui akun media sosial Pemkot Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Perkumpulan Boen Tek Bio gelar ritual mandikan perahu

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024