Badan Pengurus Perkumpulan Boen Tek Bio dijadwalkan menggelar ritual pemandian perahu di Pendopo Peh Cun Tanah Gocap, Tangerang, Banten, Minggu (9/5) dalam rangkaian Festival Perahu Naga Peh Cun 2024.

Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Boen Tek Bio, Rubi Santamoko di Tangerang Sabtu mengatakan kegiatan ritual memandikan perahu merupakan tradisi rutin yang telah melegenda sejak Festival Peh Cun diselenggarakan pertama kali pada 1910 silam.

“Ritual memandikan perahu berusia ratusan tahun tersebut merupakan rangkaian terpenting karena mengandung filosofi penting bagi masyarakat sekitar, khususnya sebagai pemberkatan keamanan dan ibadah Buddha Mahayana,” kata Rubi dalam keterangannya.

Perlu diketahui Festival Perahu Naga Peh Cun digelar 2-16 Juni 2024 dan menjadi tradisi legendaris bagi peranakan Tinghoa (China Benteng) di Kota Tangerang.

Baca juga: Festival Peh Cun memupuk persaudaraan antarwarga, kata Wali Kota Tangerang

Ia melanjutkan, ritual memandikan perahu menjadi salah satu bagian tradisi kebudayaan terpenting di setiap penyelenggaraan Festival Perahu Naga Peh Cun di Kota Tangerang. 

Setiap tahunnya, ritual memandikan perahu pemberian Kapitan Oey Khe Tay kepada Kelenteng Boen Tek Bio tersebut menjadi salah satu ikon budaya yang mengundang daya kunjung wisatawan domestik sampai mancanegara.

“Ritual memandikan perahu juga dibuka secara umum, jadi masyarakat sampai wisatawan dapat menyaksikan langsung tradisi terpenting dalam rangkaian Festival Perahu Naga Peh Cun di Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: Makam Kapiten Oey Kiat Tjin di Karawaci diusulkan jadi cagar budaya

Tidak hanya itu, Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 juga dilengkapi dengan rangkaian kegiatan lainnya, seperti penampilan Gambang Kromong, ritual mendirikan telur, lomba menangkap bebek, sampai lomba perahu naga di Sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menambahkan, Festival Parahu Naga Peh Cun selama ini juga dikenal sebagai festival unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kami berharap festival tahunan ini bisa berjalan sukses. Jadi, awal bulan ini mari bersama-sama meramaikan festival kebudayaan yang telah melegenda di Kota Tangerang tersebut,” ujarnya.

Baca juga: Disbudpar Tangerang apresiasi pemuda China Benteng lestarikan budaya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024