Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan berjalannya pembangunan saat ini membutuhkan sinergi dan kolaborasi antara anggota DPRD dengan kepala daerah guna menyukseskan agenda prioritas pembangunan di daerah maupun nasional.
 
"Sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerja sama yang efektif di tingkat regional, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional," ujar Al Muktabar dalam acara pelantikan anggota DPRD Provinsi Banten periode 2024-2029 di Serang, Senin.
 
Al Muktabar mengatakan terdekat, DPRD Banten juga turut sukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Baca juga: Seratus anggota DPRD Provinsi Banten periode 2024-2029 dilantik

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar juga membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang memesankan kepada anggota DPRD terkait dengan tugas fungsinya.
 
"Penekanannya, bahwa semua agar mengacu kepada peraturan perundang-undangan, utamanya dalam tugas dasar menyangkut legislasi, pengawasan dan fungsi penyusunan anggaran," katanya.
 
Selanjutnya, Al Muktabar mengatakan tugas dan fungsi tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Maju pilkada, Ade Sumardi dilantik jadi anggota DPRD Banten

Terutama dalam fungsi pengawasan untuk menciptakan check and balance pada penyelenggaraan pemerintah di daerah, sehingga terjamin kesinambungan.
 
"Dan semua itu harus kita tujukan bagi sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," kata dua.
 
Sebelumnya, 100 anggota DPRD Provinsi Banten mengucapkan sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banten Andriani Nurdin.
 
Untuk penetapan Pimpinan Sementara DPRD Provinsi Banten masa jabatan 2024-2029 berdasarkan raihan kursi terbanyak, yakni dari Partai Golkar dan Partai Gerindra.

Ketua sementara DPRD Provinsi Banten adalah Fahmi Hakim dan Wakil Ketua sementara DPRD Banten Yudi Wibowo.
 
Baca juga: Anggota DPRD Banten termuda komitmen perjuangkan kesejahteraan warga
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024