Serang (Antara News Banten) - Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten menargetkan Banten bebas dari penyakit rabies akibat dari gigitan anjing pada 2019 mendatang dengan melakukan vaksinasi anjing liar.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Selasa mengatakan, populasi anjing di Banten saat ini ada sekitar 80 ribu ekor yang tersebar di sejumlah daerah terutama di Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang. Pihaknya menargetkan hingga 2019 mendatang sekitar 70 persen dari populasi anjing tersebut sudah divaksinasi.

''Tahun 2017 kemarin kita lakukan vaksin sekitar 20 ribu ekor anjing. Nah targetnya 2019 mendatang Banten bebas rabies,"kata Agus M Tauchid.

Ia mengatakan, sebagian besar anjing tersebut populasinya berada daerah-daerah perbatasan atau daerah lintas Banten dan Jawa Barat yakni di Banten bagian Selatan. Anjing-anjing tersebut biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk berburu hewan liar di hutan-hutan, namun anjing tersebut belum divaksin.

Menurutnya, diantara daerah yang rawan penyebaran penyakit rabies tersebut karena banyaknya populasi anjing tersebut yakni di kecamatan Cilograng, Bayah, Panggarangan di Kabupaten Lebak.

''Kalau di Pandeglang di Kecamatan Cikeusik, Sumur dan Cibaliung. Untuk di Kabupaten Serang yang rawan di Kecamatan Anyer,"kata Agus.

Pihaknya memprioritaskan sejumlah daerah tersebut untuk gencar dilakukan vaksinasi anjing, mengingat kasus gigitan anjing terhadap warga paling banyak di derah tersebut.

''Kita gencarkan vaksinasi karena membahayakan,"kata Agus.

Agus mengimbau masyarkat menerapkan pola hidup sehat agar bisa terhindar dari penyakit membahayakan termasuk rabies. Pihaknya juga mengaku sudah melakukan kordinasi dengan pihak terkait di daerah-daerah lintasan tersebut untuk mengantisipasi penulran penyakit rabies dari gigitan anjing liar.

''Kasus di  Banten memang masih rendah jika dibandingkan daerah lain seperti di Bali. Akan tetapi kita tetap harus mengantisipasi karena ini membahayakan,'' kata Agus. 

Baca juga: Banten Bebas Rabies 2017

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018