Brigade Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melakukan pemasangan pompa air di areal persawahan untuk mencegah gagal panen karena dampak musim kemarau panjang di daerah setempat.
 
"Kami mengoptimalkan pemasangan pompa untuk menyelamatkan tanaman padi agar tidak menimbulkan gagal panen," kata Kepala Bidang Produksi Distan Kabupaten Lebak Deni Iskandar di Rangkasbitung, Selasa.
 
Pemasangan pompa air itu di areal persawahan seluas 30 hektare di Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung dan Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar.
 
Saat ini, tanaman padi di daerah tersebut berusia rata-rata 30 hari, setelah sempat terancam kekeringan akibat kemarau panjang.

Baca juga: Pemkab Lebak siagakan brigade pompa untuk atasi kekeringan

Brigade Distan Lebak melakukan pemasangan pompa air dengan melibatkan kelompok tani (poktan) setempat. Pompa itu untuk menyedot air dari sungai hingga areal pertanian di daerah itu.
 
"Kami yakin pemasangan pompa itu dipastikan dapat menghasilkan produksi pangan," kata Deni.
 
Ahmad (55), seorang anggota Kelompok Tani Makmur Kelurahan Muara Ciujung Timur, mengaku terbantu dengan pemasangan pompa karena  areal persawahan miliknya seluas satu hektare terpenuhi pasokan air.
 
"Kami memastikan tanaman padi dapat tumbuh subur jika terpenuhi ketersediaan air, sehingga bisa mencegah gagal panen," katanya.

Baca juga: Atasi kekeringan, Dinas Pertanian Lebak pasang pompa

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024