Tangerang Selatan (Antara News Banten) - Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman mengungkapkan kesiapannya untuk meningkatkan retribusi di wilayahnya untuk membiayai pembangunan.

"Saat ini kita mendapatkan pagu anggaran Rp35 miliar, ada enam program dan 26 kegiatan. Yang tujuannya untuk meningkatkan pengelolaan pajak dan retribusi," kata Wahyunoto di Tangerang Selatan, Kamis.

Dari enam program teraebut Wahyu menjelaskan isinya berupa pengelolaan pajak dan retribusi daerah, pengembangan dan pemetaan wilayah, perencanaan pembangunan daerah, pengwmbangan pengelolaan keuangan daerah, pengembangan sistem manajeman dan sumber dayabaparataur, pelayanan administrasi dan sarana dan prasarana perkantoran.

Selain itu Wahyu juga menerima berbagai usulan. Yang paling mencolok adalah payung hukum pemilikan satuan rumah susun.

"Terkait dengan kepemilikan rumah susun, Bapenda akan berkoordinasi dengan dinas perumahan untuk menyusun peraturan daerah (Perda) tata ruang yang menyusun untuk satuan harga rumah susun," kata dia.

Baca juga: Dishub Tangerang Optimalkan Retribusi Parkir Pinggir Jalan

Secara terpisah, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengingatkan pendapatan daerah bisa di dapat darimana saja. Sehingga perlunnya inovasi baru yang dapat dirumuskan agar target RPJMD tercapai.

Untuk pendapatan banyak yang belum termaksimalkan. Contohnya pajak retribusi pemanfaatan lahan dan aset pemerintah kota.

"Kita dorong untuk pemanfaatan lahan agar meningkatkan pendapatan. Begitu pula dengan pajak restoran yang belum tergali,"  ujarnya. 

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018