Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten melakukan penelusuran terkait video yang beredar memperlihatkan mobil dinas yang diduga milik Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang mengangkut APK bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. 
 
Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Ali Faisal, di Serang, Jumat, mengatakan saat ini pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaresmi sedang melakukan penelusuran atas video yang beredar di sosial media. 
 
"Sedang dilakukan penelusuran oleh Panwaslu Kecamatan Sukaresmi di bawah supervisi Bawaslu Kabupaten Pandeglang," katanya. 

Baca juga: PolLead Consulting rilis hasil survei Pilgub Banten
 
Sebelum mengambil langkah selanjutnya, Bawaslu mengaku akan memastikan terlebih dahulu kebenarannya, dengan melakukan proses pemanggilan terhadap yang bersangkutan. 
 
"Di pastikan dulu kebenarannya, di panggil klarifikasi yang bersangkutan beserta bukti-buktinya. Saat ini masih proses pemanggilan infonya," katanya. 
 
Dari hasil pengkajian dan analisis yang telah dilakukan, pihaknya menyampaikan tahapan selanjutnya Bawaslu akan merekomendasikan ke Komisi aparatur sipil negara (ASN) untuk kemudian direkomendasikan sanksi yang akan diberikan. 
 
"Untuk sanksi nanti akan di teruskan ke Komisi ASN, Nanti KASN yang kemudian merekomendasikan sanksi nya apa," katanya. 

Baca juga: Rano Karno sebut Banten butuh generasi muda bangun kebaruan
 
Dia berharap seluruh jajaran ASN di pemerintahan Provinsi Banten Kota maupun Kabupaten bisa menjunjung netralitas di Pilkada 2024. Mulai dari tingkat paling bawah hingga paling tinggi. 
 
"Kami berharap ASN mulai dari Pemkot, Pemkab, camat, lurah sampai jajaran yang terbawah menjunjung tinggi netralitas agar kemudian mereka bekerja profesional, tidak ada konflik kepentingan dan pilkada berjalan damai dan aman," katanya. 
 
Sebelumnya beredar video di media sosial, yang memperlihatkan mobil dinas mengangkut Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. 
 
Dalam video yang beredar mobil dinas jenis bak terbuka berwarna hitam dan berpelat merah bernomor A 8104 J itu membawa sejumlah Baliho berukuran besar yang sudah siap pasang. 
 
Baliho bakal pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang ada di atas bak mobil dinas tersebut bergambar pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Andra Soni-Dimyati Natakusuma.

Baca juga: Demokrat usung bacagub empat provinsi, termasuk Andra Soni di Banten

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024