Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengapresiasi pelayanan ibadah haji tahun 2024 relatif baik dan lancar, baik keberangkatan dan kepulangan ke tanah air.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama atas kelancaran penyelenggaraan haji itu," kata Iwan saat Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lebak di Ponpes Albayan Rangkasbitung, Lebak, Rabu.
 
Hal itu setidaknya terlihat, kata dia, masyarakat Kabupaten Lebak yang telah mengikuti ibadah haji kembali dalam  kondisi sehat dan walafiat.
 
Menurutnya, pelayanan haji semakin baik dan dirasakan jamaah haji Kabupaten Lebak mulai dari pelepasan dan informasi serta transportasi keberangkatan. Selain itu juga para jamaah haji ditampung pemondokan di Asrama Haji Banten Grand el-Hajj Cipondoh Kota Tangerang.
 
Begitu juga pos pelayanan kesehatan, kata dia, luar biasa dan semua jamaah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik mulai keberangkatan dan kepulangan ke Tanah Air. Jamaah haji Kabupaten Lebak seluruhnya sebanyak 711 orang, terdiri dari 694 peserta haji dan 17 petugas haji serta satu dilaporkan meninggal dunia.

Baca juga: 440 haji Lebak pulang ke tanah air dengan selamat
 
Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren Al Hidayah Rangkasbitungi KH Ahmad Izzudin mengatakan penyelenggaraan haji 2024  berjalan lancar dan semakin baik. Jamaah merasakan pelayanan mulai dari dari pemanggilan, pemberitahuan dari daerah, dan transparan, hingga bimbingan manasik haji.
 
Begitu pula ketika berada di Tanah Suci disambut begitu banyak petugas dari Indonesia. Bahkan, petugas dari maktab Arab Saudi menyambut kedatangan jamaah haji dari Indonesia dengan memberikan bunga.
 
Menurut dia, pelayanan haji Indonesia tahun ini sangat luar biasa dalam hal penyediaan makanan, minuman, serta kurma di kamar hotel. Meski jarak hotel dengan Masjid Al Haram jauh, kata dia, ada Bus Shalawat yang mengantar.
 
"Kami menilai kebijakan Bapak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk pelayanan haji tahun ini sangat baik, mulai dari pemberangkatan hingga kepulangan," kata KH Ahmad Izzudin.

Baca juga: Menag Yaqut resmi tutup operasional haji 2024

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024