Pemerintah Kota (Pemkot) Serang secara resmi memindahkan rekening kas umum daerah (RKUD) dari Bank BJB ke PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten.
 
Pemindahan RKUD itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama (PKS) antara Pemkot Serang melalui Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten atau Bank Banten di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Serang, Selasa.
 
“Tujuan kami untuk membangun Banten. Karena dari pertemuan ini menandakan bahwa kami harus bersinergi untuk membangun Indonesia,” kata Pj Wali Kota Serang, Yedi Rahmat.
 
Menurut dia, pemindahan RKUD Pemkot Serang ke Bank Banten akan dilakukan di tahun ini dan selanjutnya Pemkot Serang akan mengirim surat ke Kementerian Keuangan untuk persiapan pemindahan. 
 
"Jadi Agustus kami mengirim surat ke Kementerian Keuangan untuk pemindahan RKUD, dan harapan besar kami September ini sudah efektif," jelasnya. 
 
Pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak khawatir terkait pemindahan RKUD ke Bank Banten karena hal tersebut telah dijamin oleh pihak Bank Banten. Dan diharapkan kedepannya pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Gubernur sebut Bank Banten kelola anggaran empat pemda Rp20 triliun
 
Sementara itu, Direktur Utama Bank Banten Muhammad Busthami mengatakan pelayanan Bank Banten saat ini sudah berjalan lebih baik dan telah memiliki produk layanan perbankan secara online. 
 
"Bank Banten merupakan milik Pemerintah Provinsi Banten, jadi menurut saya tidak ada yang dikejutkan jika RKUD Pemkot Serang telah berpindah ke Bank Banten dan pelayanan Bank Banten sudah jauh lebih baik," katanya. 
 
Seluruh kegiatan Bank Banten telah dipantau oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yang membedakan Bank Banten dengan bank lainnya yaitu terkait kepemilikan aset. Dimana saat ini aset yang dimiliki oleh Bank Banten masih kecil. 
 
"Sehingga melalui PKS dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten bisa membuka akses bisnis ke Bank Banten jauh lebih besar, dengan begitu kami bisa meningkatkan aset dan luasan layanan,” katanya.

Baca juga: Bank Banten raih laba bersih Rp26,59 miliar di usia ke-8 tahun

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024