Tim SAR gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Banten, masih melakukan pencarian terhadap korban tenggelam di area Danau Proyek Citra, Kecamatan Cisauk pada Senin.

"Operasi SAR dilakukan dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.15 WIB. Tetapi sampai saat ini korban tenggelam belum ditemukan," kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Senin.

Ia mengungkapkan, proses pencarian korban tenggelam tersebut akan dilanjutkan pada esok hari. Sebab, situasi dan kondisi waktu tim untuk evakuasi tidak memungkinkan.

"Sekarang untuk pencarian ditunda dan akan dilanjutkan esok hari," katanya.

Ujat menjelaskan, untuk korban tenggelam ini diketahui bernama Ripai (23) warga Cisauk Kaler, Situgadung, kecamatan Pagedangan.

Baca juga: Dua bocah tewas terseret arus kali di Tangerang

Menurut dia, sejak Minggu (14/7) sekitar pukul 16.00 WIB dinyatakan hilang saat memancing ikan dengan dua rekanya di Danau area proyek Citra.

"Informasinya korban sedang mancing dan berenang. Namun sebelum kejadian dari keterangan, kedua saksi sudah melarang korban (berenang). Tetapi korban tetap nekat berjalan sendiri ke tepian seberang danau," terangnya.

Kemudian, saat mengetahui korban sedang berenang dan menuju tengah danau, tiba-tiba korban sudah tidak nampak ke permukaan.

"Korban terlihat berenang ke tengah danau, tapi dia tidak nampak lagi ke permukaan dan saksi hanya bisa menyaksikan bahwa temannya sedang tenggelam karena tidak berani menolong," ungkapnya.

Dalam hal ini, dikatakan Ujat, tim pencari terbagi dua untuk melakukan pencarian di dua area. Tim pertama melakukan penyisiran menggunakan perahu karet di sepanjang danau.

Sementara tim kedua melakukan penyelaman untuk menyisir di jalur bawah danau.

"Operasi pencarian SAR dilakukan teknik penyisiran, selam dan teknik blender," pungkas Ujat.

Baca juga: BPBD Pandeglang belum terima laporan dampak di gempa Sumur

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024