Kepolisian Resor (Polres) Lebak mengimbau pemudik Lebaran 1445 H/2024 yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat agar mematuhi aturan lalu lintas guna mencegah kecelakaan.
 
Kepala Unit (Kanit) Penegakan Hukum (Gakum) Satlantas Polres Lebak Ipda Adi Nugraha di Rangkasbitung, Lebak, Jumat, mengatakan para pengemudi kendaraan yang hendak mudik ke kampung halaman tentu dapat mengutamakan keselamatan dalam perjalanan dengan mematuhi aturan lalu lintas.

Sebab , aturan lalu lintas sangat penting, seperti rambu-rambu lalu lintas, batas kecepatan yang telah ditetapkan sehingga dapat mengurangi potensi resiko kecelakaan.
 
Selain itu juga pengemudi roda empat dan penumpang menggunakan sabuk pengaman, karena dapat meredam benturan dan mengurangi risiko cedera yang fatal.

Baca juga: Polres Lebak terjunkan 279 personel pengamanan Idul Fitri
 
Begitu juga pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm, termasuk penumpang dan mereka pengemudi selama perjalanan dapat menjaga jarak aman untuk menghindari kecelakaan dan periksa kondisi kendaraan seperti rem, lampu serta ban.
 
Para pengemudi sebelum mengendarai kendaraan terlebih dahulu sambil berdoa juga lengkapi surat -surat kendaraan, termasuk SIM.
 
Apabila, mereka pengemudi itu lelah dan mengantuk lebih baik beristirahat di pos-pos yang disediakan kepolisian.
 
"Kami juga minta pengemudi agar tidak menggunakan ponsel selama berkendara, karena bisa beresiko kecelakaan, terlebih kecepatan tinggi,"katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Lebak terdapat tiga titik antara lain pertama di belokan Ciuyah, kedua belokan rumah mantan bupati Iti dan ketiga di rumbut.

Baca juga: Pemkab Lebak larang kendaraan dinas dibawa mudik Lebaran 2024
 
Karena itu, Polres Lebak mendirikan 10 pos pengaturan lalu lintas dan titiknya di antaranya Jalan Tirtayasa, simpang PLN, simpang PM, simpang Leuwiranji, Sumur Buang, Mandala dan Jembatan Dua.
 
Pos pengaturan lalu lintas itu untuk kelancaran arus kendaraan dan keselamatan para pemudik.

Begitu juga kepolisian mendirikan enam pos pengamanan antara lain pos Jalan Sunan Kalijaga, Tol Rangkasbitung, Citra Raya Maja dan di lokasi wisata di Bagedur, Sawarna serta Gunung Luhur.
 
"Kami meyakini mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar,aman, nyaman dan selamat sampai tujuan,"kata Adi.
 
Sementara itu, sejumlah pengemudi pribadi yang hendak mudik ke berbagai daerah di Kabupaten Lebak mengaku bahwa mereka selama perjalanan dari Bogor hingga Rangkasbitung berjalan lancar dan aman.
 
"Kami hari ini mudik ke Cimarga untuk Lebaran bersama keluarga di kampung halaman, sekaligus silaturahmi," kata Jaya (45) warga Bogor.

Baca juga: Pemkab Pandeglang dan I-Stand puji pengembangan desa wisata Bandung

Pewarta: Mansyur suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024