Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Lebak menerjunkan sebanyak 279 personel yang terlibat Operasi Ketupat Maung 2024, untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kepala Bagian Operasional Polres Lebak Kompol Eddy Prasetyo di Rangkasbitung, Lebak, Kamis, mengatakan kepolisian yang diterjunkan dalam Operasi Ketupat Maung 2024 itu sebanyak 279 personel untuk pengamanan Idul Fitri 1445 H.
 
Selain itu juga dibantu oleh anggota lain, seperti TNI sebanyak 83 personel, Satpol PP 97 personel, Dishub 50 personel , Dinkes 72 personel, Damkar 8 personel dan BPBD 30 personel.

Baca juga: Pemkab Lebak larang kendaraan dinas dibawa mudik Lebaran 2024
 
Selama ini, kesiapan pengamanan Idul Fitri 2024 sudah dilakukan secara matang dan menggandeng sektor instansi lainnya.
 
Mereka para petugas pengamanan Hari Raya Idul Fitri itu terdapat di Posko PAM Terpadu di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung yang diisi anggota polisi, TNI dan instansi lainnya.
 
Selanjutnya, pengamanan di enam pos antara lain pos Jalan Sunan Kalijaga, Tol Rangkasbitung, Citra Raya Maja dan di lokasi wisata di Bagedur, Sawarna serta Gunung Luhur.
 
Selain itu juga ada 10 pos pengaturan lalu lintas dan titiknya di antaranya Jalan Tirtayasa, di simpang PLN, di simpang PM, simpang Leuwiranji, Sumur Buang, Mandala dan Jembatan Dua.
 
Selama ini, kata dia, pengamanan dilakukan selama 13 hari dan dimulai tanggal 4 April sampai 16 April 2024.
 
"Kami berharap dengan Operasi Ketupat Maung 2024 dapat terwujud keamanan lingkungan masyarakat," kata Eddy.

Baca juga: Polresta Bandara Soetta kerahkan 230 personel untuk pengamanan mudik
 
Menurut dia, petugas kepolisian bersama instansi lainnya juga melakukan patroli bersama ke daerah - daerah rawan kejahatan dan kriminalitas.
 
Selain itu juga patroli ke lingkungan pemukiman penduduk untuk memberikan rasa keamanan kepada masyarakat. Begitu juga pengamanan ke rumah - rumah kosong yang ditinggalkan pemudik agar tidak terjadi kasus pembongkaran maupun pembobolan.
 
Bahkan, pihak kepolisian minta kepala lingkungan setempat agar mendata rumah kosong yang ditinggal pemudik. "Kami melakukan patroli bersama untuk memberikan rasa aman selama Idul Fitri 2024," katanya menjelaskan.

Baca juga: Ratusan CCTV dipasang di Pelabuhan Merak pantau arus mudik

Pewarta: Mansyur suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024